Pantau Flash
Gubernur BI Tegaskan Transaksi Jual Beli di Indonesia Wajib Pakai Rupiah
MPR Minta Pemerintah Segera Keluarkan Travel Warning ke China
Presiden Jokowi Tegaskan Virus Korona Belum Terindikasi di Indonesia
Penunjukkan Donny Saragih sebagai Dirut TransJakarta Dibatalkan
Hindari Virus Korona, Pekerja Kereta Cepat Wajib Di-Screening

Video Viral Langit di Jambi Berwana Merah Akibat Asap Karhutla

Video Viral Langit di Jambi Berwana Merah Akibat Asap Karhutla Pemandangan langit di Kabupaten Muaro Jambi. (Foto: Dok. Istimewa)


Pantau.com - Video viral memperlihatkan langit berwarna merah di Kabupaten Muaro Jambi. Langit di wilayah ini berwarna semakin gelap seiring dengan pekatnya kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.

Kepala Subbidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Siswanto mengatakan fenomena ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Menurut dia, hasil analisis citra satelit Himawari-8 pada 21 September 2019 di sekitar Muaro Jambi, menunjukkan banyak titik panas dan sebaran asap yang sangat tebal.

Baca Juga: Video Pantauan Udara Kerusuhan di Wamena, Asap Tebal Membumbung Tinggi

"Wilayah lain pada satelit tampak berwarna cokelat namun di Muaro Jambi menunjukkan warna putih yang mengindikasikan lapisan asap sangat TEBAL. Hal ini dimungkinkan karena kebakaran lahan/hutan yang terjadi di wilayah tersebut, terutama pada lahan-lahan gambut," jelas Siswanto, dalam siaran tertulisnya tentang langit merah di Muaro Jambi.

Menurut dia, tebalnya asap juga didukung oleh tingginya konsentrasi debu partikulat polutan berukuran <10 mikron (PM10). Dia menuturkan, jika ditinjau dari teori fisika atmosfer, pada panjang gelombang sinar tampak, langit merah disebabkan oleh adanya hamburan sinar matahari oleh partikel mengapung di udara yang berukuran kecil (aerosol).

Tim Pantau
Editor
Yusuf Fadilah
Penulis
Yusuf Fadilah
Category
Visual

Berita Terkait: