Pantau Flash
Sempat ricuh, Rakernas PAN Belum Hasilkan Jadwal Kongres
Ditetapkan sebagai Tersangka, Gathan Saleh Menghilang
Sumbang Emas, Beatrice/Jessy Putus Paceklik Juara Tenis di Sea Games
Jadi Tersangka, Vicky Prasetyo Santai Jalani Pemeriksaan
Soal Kabareskrim Baru, Gus Yaqut: Kapolri Pilih Orang yang Tepat

5 Makanan dan Minuman Ini Jadi Mengerikan saat Kamu Sakit Tenggorokan

5 Makanan dan Minuman Ini Jadi Mengerikan saat Kamu Sakit Tenggorokan Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Di cuaca yang panas seperti sekarang ini tentunya membuat kita bawaanya pengen minum dan makan yang dingin-dingin. Nah hal itu malah menyebabkan kita rawan terserang penyakit seperti sakit tenggorokan. 

Pastinya nggak enak banget dong. Untuk mengatasi penyakit tersebut, biasanya orang-orang akan minum obat. Tapi kamu juga bisa lho mengurangi sakit tenggorokan dengan menghindari makanan tertentu.

Pantau.com coba merangkum dari berbagai sumber makanan dan minuman yang harus kamu hindari kala sakit tenggorokan.

1. Makanan Asam


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Kamu suka makanan yang asam-asam seperti jeruk, jus lemon, dan permen dengan rasa asam manis? Emang enak sih, tapi kamu perlu menghindari makanan-makanan itu saat sakit tenggorokan.

Soalnya, makanan asam bisa memicu gatal pada tenggorokan. Apalagi kalau kamu makan dan minuman yang banyak mengandung cuka, lebih baik jangan deh.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Obati Alergi

2. Susu


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Minum susu hangat saat sakit tenggorokan emang enak. Namun ternyata itu keputusan yang salah. Soalnya, susu menyebabkan peningkatan produksi lendir di dalam tubuh yang memicu rasa gatal pada tenggorokan.

3. Alkohol


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Minum segelas rum dan brandy bisa menghangatkan tubuh saat musim hujan atau dingin. Sayangnya, minuman yang mengandung alkohol cuma memperburuk rasa sakit pada tenggorokan.

Baca juga: Ini 5 Makanan yang Bisa Bikin Kamu Auto Cerdas, Buktiin Deh!

4. Makanan Pedas


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Nah makanan pedas juga sebaiknya kamu hindari deh selagi tenggorokanmu masih sakit. Soalnya nih, makanan pedas seperti cabai, cengkeh, lada, pala, paprika, dan rempah-rempah lain hanya memperburuk rasa sakit pada tenggorokan.

5. Makanan Kering


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Yang satu ini mungkin udah jelas lah ya wajib banget kamu hindari. Pasalnya makanan kering itu lebih sulit ditelan saat nyeri pada tenggorokan. Lebih baik pilihlah makanan yang bertekstur lembut karena itu aman buat tenggorokan kamu yang sedang sakit.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Ragam

Berita Terkait: