Pantau Flash
Kata Mahfud, KPK Tak Bisa Kembalikan Mandat ke Presiden
Soal Revisi UU Minerba, Jonan: Pernyataan Pemerintah Bisa Pengaruhi Harga
Suasana Memanas, OKI Gelar Pertemuan Luar Biasa Bahas Aksi Paksa Israel
Jokowi Diminta untuk Segera Melantik 5 Pimpinan Baru KPK
Rizki/Della ke Final Vietnam Open 2019, Anggia/Pia Terhenti

Ini 5 Makanan yang Bisa Bikin Kamu Auto Cerdas, Buktiin Deh!

Ini 5 Makanan yang Bisa Bikin Kamu Auto Cerdas, Buktiin Deh! Ilustrasi blueberry. (Shutterstock)

Pantau.com - Siapa sih yang nggak mau punya otak encer dalam segala hal? Semua orang pasti menginginkan hal itu. Otak merupakan organ tubuh yang paling penting sebagai pusat mekanisme organ tubuh lainnya. Menjaga kesehatan otak berarti juga menjaga fungsi organ lain dalam tubuh. Selain menjaga otak dengan pola dihidup yang sehat, kita juga harus menjaga pola makan. Tapi, sudah tahu belum kalau ada makanan yang bisa membuatmu lebih pintar?

Apa Saja Makanan yang Dapat Membuat Otak jadi Cerdas?

Berikut 5 makanan yang membuatmu lebih cerdas dikutip dari The Healthy.

1. Blueberry

buah blueberry

Ilustrasi blueberry. (Shutterstock)

Baca juga: Rutin Konsumsi Buah dan Sayur Bisa Turunkan Resiko Darah Tinggi

Blueberry, buah kecil berwarna biru keunguan ini dapat membantu melindungi otak dari oksidatif stres dan dapat mengurangi efek demensia. Dalam studi terbaru, para peneliti memberikan sekelompok orang dewasa yang memiliki gangguan kognitif ringan --risiko kondisi untuk Alzeimer, bubuk blueberry  setiap harinya. 

Setelah 16 minggu, mereka yang memakan bubuk blueberry (setara dengan satu cangkir buah) telah meningkatkan memori, kinerja kognitif yang lebih baik, dan peningkatan aktivitas otak.

2. Kopi

kopi

Ilustrasi kopi. (Shutterstock)

Secangkir kopi sebelum ujian dapat membantu otak Anda bekerja sebaik mungkin. Hal itu karena kafein dapat meningkatkan memori jangka pendek dan mempercepat waktu reaksi. 

Para peneliti dari national Institute on Aging menemukan bahwa individu yang meminum kopi sebelum ujian memiliki nilai yang lebih baik pada tes memori, yang menjelaskan mengapa telah dikaitkan dengan menurunkan risiko Alzheimer.

Selain itu, hal tersebut juga dapat membantu mencegah penyakit Parkison dan meringankan sakit kepala. Namun, jika mengonsumsi kafein berlebih akan membuat Anda gelisah.

3. Kacang dan biji-bijian

kacang dan biji bijian

Kacang dan biji-bijian. (Shutterstock)

Kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya akan vitamin E dapat membantu mencegah penurunan kognitif seiring dengan usia Anda. Bukan hanya bermanfaat untuk otak Anda, kacang juga bisa membuat suasana hati lebih baik. Almond, kenari, kacang mete, kacang Brasil, pistachio juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Rajin Makan Ikan Bikin Anak Tumbuh Lebih Cerdas

4. Alpukat

alpukat

Ilustrasi alpukat. (Shutterstock)

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang memberikan kontribusi untuk aliran darah yang sehat. Hal ini dapat membantu setiap organ dalam tubuh, terutama otak dan jantung. 

Alpukat juga dapat menurunkan tekanan darah, berkat kalium yang dikandungnya. Tekanan darah yang tinggi dapat mengganggu kemampuan kognitif. Selain itu, serat dalam alpukat juga mengurangi risiko penyakit jantung dan kolesterol jahat.

5. Gandum

gandum

Ilustrasi gandum. (Shutterstock)

Gandum seperti beras merah, gandum utuh, oats, dan barley dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, yang pada waktunya akan meningkatkan aliran darah ke otak. Gandum mengandung nutrisi yang lebih utuh jika dibandingkan dengan olahan tepung putih, termasuk vitamin E, antioksidan, dan serat.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: