Pantau Flash
Intake Manifold Plastik Diketahui Meleleh, Volvo Tarik 507.353 Kendaraan
Bima Sakti Tetapkan 23 Pemain Isi Skuad Garuda Asia di Piala AFF U-15
BNPB Sebut Tujuh Provinsi Ini Terdampak Kekeringan
KPK Benarkan Pemprov Papua Belum Berhentikan ASN Terlibat Korupsi
Atletik Juara Umum ASEAN Schools Games 2019

5 Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Reproduksi

5 Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Reproduksi Wortel salah satu makanan yang mengandung vitamin A. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Vitamin A selama ini dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, padahal vitamin ini juga memiliki peranan penting lain seperti mencegah penyakit serta meningkatkan kesehatan tulang.

Baca juga: Tak Hanya Berwarna Menarik, Paprika Merah Miliki Segudang Manfaat

Jenis vitamin A yang paling umum adalah beta-karoten dan kaotenoid dan biasa ditemukan pada aprikot, blewah, jeruk bali, wortel, ubi, labu, brokili, sayuran berdaun hijau, mangga serta pepaya. Sedangkan untuk vitamin A retinol hanya dapat berasal dari sumber hewani seperti hati, daging ikan salmon, keju mentega telor dan susu.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari vitamin A dilansir dari Boldsky.

1. Kesehatan mata

Salah satu manfaatnya adalah membantu menjaga penglihatan dan meningkatkan penglihatan karena merupakan komponen yang penting untuk mengaktifkan rhodopsin. Beta-karotennya juga berperan dalam mencegah degenerasi makula yang menjadi penyebab untama kebutaan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin A, karotenoid, dan provitamin A karotenoid dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Menurunkan risiko kanker

Vitamin A memainkan peran intergal dalam mencegah kanker, menurut sebuah studi 'Retinoid dan reseptornya dalam pengembangan kanker dan kemoprevens' yang diterbitkan dalam 'Ulasan kritisi dalam onkologi/hematologi', memiliki jumlah vitamin A yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu seperti kanker paru-paru, kanker kanntung kemih dan kanker serviks.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Konsumsi vitamin A dalam jumlah yang cukup diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin A yang rendah memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki tingkat vitamin A yang lebih baik.

Baca juga: Hati-hati, Kulit Jenis Ini Tak Baik Konsumsi Vitamin E

5. Membantu reproduksi

Secara khusus, vitamin A dianggap sebagai salah satu vitamin terbaik untuk perempuan karena membantu dalam pertumbuhan normal dan perkembangan embrio selama kehamilan. Perempuan hamil juga mendapatkan manfaat tambahan dari vitamin A.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam