Pantau Flash
Catat! Ini Janji Menko Luhut Soal Solusi Masalah Sawit Indonesia
Menlu Iran: AS Tak Bisa Bikin Teluk Persia Kacau
Dari 20 Nama 4 Anggota Polri Lolos Profile Assessment Jadi Capim KPK
Dirut Jasa Marga Dukung Pemindahan Ibu Kota: Tol di Kalimantan Sudah Ada
Kapolsek Sukajadi Diperiksa karena Diduga Kirim Miras ke Mahasiswa Papua

5 Perbatasan Negara Paling Unik, Kece Banget Jadi Spot Foto

5 Perbatasan Negara Paling Unik, Kece Banget Jadi Spot Foto Perbatasan Mongolia dan China (Foto: China Daily)

Pantau.com - Setiap negara memiliki daerah teritorial kekuasaan masing-masing dan juga miliki perbatasan paling unik di dunia. Dari sisi hukum tiap negara memiliki ketentuannya masing-masing, saat seseorang berada di luar negaranya sudah pasti ia memiliki prosedur hukum yang berbeda.

Apa Saja Perbatasan Negara Paling Unik di Dunia?

Biasanya perbatasan satu negara dengan satu yang lainnya terlihat kaku, membosankan, atau bahkan menyeramkan karena akan terancam hukuman jika sembarangan menyeberang tanpa perizinan. Tapi tidak jika kamu berkunjung ke beberapa perbatasan negara ini yang akan buatmu tersenyum atau bahkan betah menetap di sana, karena keindahannya.

Baca juga: Indonesia Jadi yang Terluas, Ini 5 Negara Terkecil di Asia Tenggara

1. Belgia dan Belanda


Perbatasan Belgia dan Belanda di lantai restoran (Foto: Wikipedia)

Tepatnya di daerah Baarle-Hertog dan Baarle Nassau, dimana kedua kota ini terdapat perbatasan Belanda dan Belgia yang saling tumpang tindih. Perbatasan ditandai dengan garis membentuk simbol tambah (+). 

Daerah ini dimanakan Exclave sebagai istilah tempat atau rumah yang beririsan di antara dua negara. Tak hanya itu, juga ada sebuah restoran terbelah dua antara Belgia dan Belanda.

2. China dan Mongolia


Perbatasan Mongolia dan China (Foto: China Daily)

Di perbatasan Mongolia dan China bagian utara, atau tepatnya kota Dinosaurus akan ditemukan patung dinosaurus besar yang saling beradu kepala. Kedua Dinosaurus itu menjulang di tengah jalan raya, untuk menandai gerbang perbatasan antara China dan Mongolia.

Alasan menjadikan Dinosaurus sebagai penanda, lantaran di daerah tersebut banyak ditemukan fosil binatang purba dan jadi yang terbanyak di Asia. Sehingga tidak heran area ini jadi salah satu spot foto favorit.

3. Polandia dan Ukraina


Crop Circle di Ukraina dan Polandia (Foto: Pinterest)

Perbatasan kedua negara ini banyak jadi pusat perhatian negara di dunia mengingat jika dilihat dari satelit atau drone perbatasan kedua negara ini tergambar ukiran dua ikan. Bukan terbentuk secara alami, gambar yang dinamakan crop circle ini diukir seniman Jaroslaw Koziara yang dibuat di antara Horodyszcze, Polandia dan Warez Ukrania.

4. Korea Utara dan Korea Selatan


com-Panmunjeom  (Foto: Shutterstock)

Kedua negara serumpun ini sempat mengalami perang dingin selama puluhan tahun lamanya, sebelum akhirnya berdamai pada 2018 lalu. Korea Utara dan Korea Selatan memiliki perbatasan yang cukup unik yang dinamakan zona demiliterisasi (DMZ) atau zona bebas senjata yang dibentuk kedua negara pada 27 Juli 1953.

Area ini termasuk area terketat di kedua negara dan diakui sebagai simbol perdamaian. Ada satu lokasi bernama Panmujeom, dimana kamu akan menemukan tentara dari dua negara berdiri tegak saling berhadap-hadapan tanpa saling mengobrol satu sama lain.

5. Argentina dan Brasil


Air terjun Iguazu (Foto: Interpid Travel)

Baca juga: Tes Pengetahuan, Sudah Tahu Lima Negara Pendiri ASEAN?

Dua negara yang terkenal dengan hutannya ini memiliki batas negara yang sangat fantastis, yakni air tejun Iguazu yang keindahannya memisahkan Argentina dan Barazil. Air terjun ini terletak di Provinsi Misioner, Argentina dan negara bagian Parana, Brasil.

Share this Post:
Tim Pantau
Penulis
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: