Pantau Flash
Seluruh Wartawan Istana Negara Selamat dalam Tragedi Kapal Tenggelam
Kapal yang Ditumpangi Wartawan Istana Negara Tenggelam di Labuan Bajo
IMF: Lesunya Ekspor, Ekonomi Indonesia Miliki Beban di 2020
Awak Kabin Garuda Harapkan Direktur Safety Kembali Diadakan
PPP Sebut Putusan Hakim Tegaskan Romahurmuziy Tak Terima Suap

Indonesia Jadi yang Terluas, Ini 5 Negara Terkecil di Asia Tenggara

Indonesia Jadi yang Terluas, Ini 5 Negara Terkecil di Asia Tenggara Ikon singa milik Singapura (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Wilayah benua Asia Tenggara atau dikenal dengan persekutuan ASEAN terdiri dari daftar 11 negara di dunia. Jika dibandingkan berdasarkan luas wilayah, Indonesia jadi negara terluas karena berdasarkan geografi terdiri dari ribuan pulau dengan 70 persennya merupakan perairan sehingga untuk para nelayan sendiri menjadi lebih mudah untuk mencari ikan.

Apa Saja Negara Terkecil di Asia Tenggara?

Pernahkah sobat Pantau penasaran diantara belasan wilayah negara di benua asia tenggara itu? mana yang memiliki wilayah terkecil yang justru cenderung lebih mudah untuk mengatur karena tidak begitu luas. Daftar negara terkecil di Asia Tenggara berdasarkan rangkuman Pantau.com adalah :

1. Singapura 

negara terkecil di asia tenggara singapura

Ikon singa milik Singapura (Foto: Pixabay)

Berdasarkan data, wilayah singapura adalah negara di asia tenggara yang memiliki luas 716 kilometer persegi, membuat negeri 'singa' itu tidak sebesar DKI Jakarta dengan luas 661.5 kilometer persegi. Mengingat luas daratan Singapura tidak pernah mencapai 600 kilometer persegi yang menjadikan singapura berada di urutan pertama dengan negara terkecil di benua asia tenggara.

Baca juga: 5 Sungai Terpanjang di Dunia

Luas yang kecil tidak lantas menjadikan ia sebagai negara tertinggal, bahkan negara dengan memiliki bahasa asli melayu itu sudah mendapat predikat sebagai negara maju. Terdiri dari suku Cina, Melayu, India, dan Arab penduduk Singapura berjumlah 6 juta jiwa di dalam benua asia tenggara ini.

2. Brunei Darussalam

negara terkecil di asia tenggara brunei darussalam

Ikon Brunei Darussalam (Foto: Pixabay)

Brunei Darussalam adalah negara di asia tenggara yang masih menganut sistem kerajaan dan dipimpin oleh sultan ini memilki total luas 5.765 kilometer persegi, dimana 8,6 persen diantaranya terdiri dari perairan dan terletak di benua asia tenggara tepatnya.

Pada Juli 2016 Brunei dihuni sebanyak 436.620 jiwa yang sebagian besar dari berbagai daftar agama, sebagian bersar penduduknya beragama islam dan menganut sistem hukum syariat islam. Menurut data Menteri Keuangan Brunei menyebut negaranya sudah berada dikategori negara maju sehingga Brunei Darussalam berada di urutan kedua.

3.Timor Leste

negara terkecil di asia tenggara timor leste

Bendera Timor Leste (Foto: Pixabay)

Mengingat Timor Leste adalah negara di asia tenggara yang tidak dapat lepas dari sejarah kelam Indonesia dimana, berdasarkan sejarah pada masa itu, saat itu daerah yang dinamakan 'Timor-Timur' ingin memisahkan diri dari Indonesia pada 1999 setelah mendapat rekomendasi dari PBB. 

Baca juga: 5 Negara Terkaya di Dunia

Saat itu Indonesia berusaha keras menjaga agar provinsi ke-27 Indonesia ini tidak lepas peristiwa hingga menelan korban mencaoai 200 ribu jiwa. Akhirnya pemisahan Timor Timur disetujui Presiden B.J. Habibie, dan pada 2002 Timor Leste resmi berdiri sebagai negara.

Negara ini memiliki luas 5.765 kilometer persegi, mengambil Dili sebagai ibukota, Timor Leste dihuni lebih dari 1.167.242 jiwa pada 2015. Mayoritas penduduknya berbahasa Tetun-Portugis.

4. Kamboja

negara terkecil di asia tenggara kamboja

Angkot Wat Kamboja (Foto: Wikipedia)

Mengusung sistem monarki, Kamboja adalah negara di asia tenggara yang memiliki luas 181.035 kilometer persegi, terdiri dari 2,5 persennya adalah perairan. Pada 2018 Kamboja dihuni sebanyak 16 juta jiwa. Kamboja berbatasan langsung dengan Thailand, Laos dan Vietnam.

Mayoritas penduduk Kamboja beragama buddha, dan islam hidup di sana sebagai minoritas, ada pula beberapa agama tradisional, agama bawaan dan tradisi yang sudah melekat sejak sebelum merdeka.

5. Laos

negara terkecil di asia tenggara laos

Ikon Laos (Foto: National Geographic)

Memiliki luas wilayah 236.955 kilometer persegi, Laos adalah negara di asia tenggara yang dihuni sebanyak 6,7 juta jiwa pada 2015. Sempat menganut sistem kerajaan sebelum akhirnya sistem itu dihapus pada 2 Desember 1975. Laos pun berhasil merdeka sebagai negara pada 14 Agustus 1991.

Baca juga : Negara Terluas di Asia Tenggara

Laos juga jadi salah satu dari sekian negara komunis yang tersisa di dunia, dimana sejak puluhan tahun silam sistem ini mulai ditinggalkan berbagai negara.

Tim Pantau
Penulis
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: