Pantau Flash
Lurah Jelambar Dibebastugaskan Gegara Suruh Pegawai Honorer Masuk Got
Wiranto Tak Diundang dalam Munas Hanura
Anies Baswedan hingga James Riady Masuk Jadi Anggota Satgas Omnibus Law
Jokowi Ingin Turunkan Angka Stunting di Indonesia Jadi 14 Persen
BPS: Neraca Perdagangan November 2019 Defisit 1,33 Miliar Dolar AS

Ini Dia 5 Negara Terkaya di Dunia, Mana Saja?

Ini Dia 5 Negara Terkaya di Dunia, Mana Saja? Qatar. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Dunia ini semakin kaya karena kehadiran para miliarder. Bahkan, para miliarder itu yang membuat suatu negara menyandang status sebagai negara terkaya. Negara terkaya di dunia memiliki ekonomi yang kompleks dan beragam. Mereka mengekspor barang dan jasa yang berasal dari berbagai industri seperti farmasi, bioteknologi, dan sebagainya.

Baca juga: Ini Negara di Asia Tenggara yang Tidak Pernah Dijajah

Karakteristik umum di antara negara terkaya di dunia adalah kurangnya atau minimnya tindak korupsi. Karakteristik lainnya adalah penduduk di negara terkaya memiliki harapan hidup di atas rata-rata dunia, yakni 72 tahun.

Apa saja daftar negara terkaya di dunia?

Berikut Pantau.com merangkum negara terkaya di dunia berdasarkan data dari Bank Dunia, yang dikutip USA Today. Klasifikasi yang dilakukan Bank Dunia ini bukan didasarkan pada PDB, melainkan GNI atau Gross National Income atau pendapatan nasional bruto.

5. Uni Emirat Arab

negara terkaya di dunia abu dhabi uea

Pandangan umum ADNOC dan Emirates Towers terlihat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (Foto: Reuters/Hamad I Mohammed)

Negara yang terkenal dengan bangunan pencakar langit yang mewah ini berada di posisi kelima negara terkaya di dunia. Di tahun 2017, GNI UEA sekitar USD74.410 dengan populasi sekitar 10.140.000 orang menurut data di tahun 2005. Negara penghasil minyak itu mengembangkan bidang bisnis lain seperti wisata dan konstruksi yang membuat UEA menjadi salah satu negara paling maju di dunia.

4. Kuwait

negara terkaya di dunia kuwait

Pemandangan udara Kuwait Tower. (Foto: Google)

Negara dengan GNI sekitar USD83.310 ini memiliki angka harapan hidup pada saat lahir hingga 74 tahun. Hampir sama dengan UEA, minyak bumi menjadi modal besar negara ini dalam mengembangkan perekonomian. Selain minyak, Kuwait juga memiliki industri keuangan dan pengolahan makanan dengan jumlah besar.

Baca juga: 5 Negara Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjang

3. Brunei Darussalam

negara terkaya di dunia brunei darussalam

Brunei Darussalam. (Foto: Pixabay)

Negara kecil di daratan Pulau Borneo ini menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan GNI USD83.760. Negara dengan populasi 430.000, mengelola teknologi industri yang membuat Brunei Darussalam menjadi negara paling maju kedua di Asia Tenggara setelah Australia.

2. Singapura

negara terkaya di dunia singapura

Singapura. (Foto: Pixabay)

Singapura meski dibilang negara yang sangat kecil, negara ini mempunyai GNI USD90.570 dengan populasi yang hanya 5.610.000 orang. Negara tentangga Indonesia ini tidak terlepas dari perdagangan internasionalnya yang membuat negara itu kaya. Singapura dikenal sebagai salah satu pusat keuangan dunia. Selain itu, negara ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang terbilang cukup ekskluif jika dibandingkan dengan negara lainnya di dunia.

1. Qatar

negara terkaya di dunia qatar

Gedung pencakar langit di Qatar. (Foto: Pixabay)

Bukan Amerika Serikat, Inggris, ataupun Arab Saudi yang menjadi negara terkaya di dunia, melainkan Qatar. Negara dengan penjualan cadangan minyak, membuat Qatar menjadi negara terkaya di dunia dengan GNI USD128.060.

Baca juga: 5 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Terlupakan

Qatar memiliki sumber gas alam terbesar yang menjadikan negara itu sebagai eksportir gas alam terbesar di dunia. Di negara ini, biaya pendidikan, kesehatan, air, listrik diperoleh secara gratis. Ditambah dengan subsidi bantuan pemerintah. Negara dengan jumlah populasi mencapai 2.740.000 ini memiliki harapan hidup pada saat lahir hingga 78 tahun.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: