Pantau Flash
Hendra/Ahsan Melangkah ke Final Indonesia Open 2019
Polisi Kembangkan Kasus Sabu Nunung hingga Luar Kota
Kongres Luar Biasa PSSI Digelar di Ancol 27 Juli 2019
Duterte Sebut HAM PBB Bodoh
Jubir KPK: Tak Ada Ketentuan Pimpinan Harus Perwakilan Institusi Tertentu

Terlupakan, Ini 5 Negara Terkecil di Dunia

Terlupakan, Ini 5 Negara Terkecil di Dunia Republik Molossia. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Begitu banyak negara yang ada di dunia ini tapi tidak semuanya populer. Hanya negara-negara besar saja yang mungkin kita kenal. Padahal sebenarnya ada beberapa negara terkecil di dunia yang sebenarnya memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri baik itu dari budaya, letak geografis, kekayaan alam, panorama dan lain-lain. 

Lalu Apa Saja Daftar Negara Terkecil di Dunia?

Berikut ini adalah daftar negara terkecil di dunia yang mesti sobat pantau tahu yang dilansir dari ourtripguide.com.

1. Palau

negara terkecil di dunia palau

Bukan pulau tapi Palau, mungkin nama negara ini terdengar begitu asing. Republik Palau sendiri sebenarnya merupakan negara kepulauan yang terdiri dari tiga ratus pulau dengan ukuran kecil. 

Banyak yang tidak tahu jika Palau merupakan salah satu tempat terindah di dunia yang memiliki hutan hujan dengan beragam jenis burung dan tanaman. Selain itu, wilayah perairannya dihuni oleh 130 spesies hiu langka.

Baca juga: Ini Dia 5 Negara Terkaya di Dunia, Mana Saja?

Republik Palau memiliki sebuah danau menakjubkan yang dihuni oleh 2 juta lebih ubur-ubur. Uniknya lagi, ubur-ubur penghuni danau tersebut relatif tidak berbahaya karena sudah kehilangan kemampuan menyengat.

Republik Palau memiliki luas 459 km persegi dengan populasi penduduk berjumlah 21.347 orang. Negara ini ternyata berada di dekat Indonesia, Malaysia, Singapura, Australia, Papua Nugini, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

2. Niue

negara terkecil di dunia niue

Bergeser ke wilayah Oceania, negara kecil lainnya yang tak banyak diketahui orang adalah Nieu. Memiliki luas 261,46 km persegi, Nieu memiliki pemandangan alam yang begitu menakjubkan yang jarang ditemui di negara lainnya.

Negara kecil ini memang masih bergantung pada bantuan asing terutaama dari Selandia Baru. Di negara yang memiliki jumlah penduduk 1.190 orang ini, kamu hanya akan menemui satu bandara dan satu supermarket.

3. Kerajaan Sungai Hutt

negara terkecil di dunia hutt

Negara ini sangatlah kecil hanya memiliki luas 75 km persegi. Kerajaan Sungai Hutt berada di provinsi yang memiliki nama yang sama di Australia.

Baca juga: Negara di Asia Tenggara yang Tidak Pernah Dijajah

Negara ini didirakan oleh seorang Leonard Casley yang memerdekakan ladangnya sebagai negara baru. Sayangnya, banyak yang tidak mengakui negara ini, tapi uniknya Kerajaan Sungai Hutt memiliki paspor, perangko, dan mata uang sendiri meski dihuni oleh 30 orang penduduk saja.

4. Tuvalu

negara terkecil di dunia tuvalu

Negara kecil lainnya adalah Tuvalu yang hanya memiliki luas 26 km persegi dan dihuni oleh 10.959 orang penduduk. Selain kecil, negara ini juga merupakan negara termiskin di dunia.

Tapi untungnya, stabilitas ekonomi negara Tuvalu bisa terselamatkan berkat domain Internet '.tv' yang diberikan ke negara tersebut. Berkat Domain itu, anggaran negara Tuvalu setiap tahunnya bertambah jutaan dolar.

Baca juga: Ini 5 Negara Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjang

5. Republik Molossia

negara terkecil di dunia molossia

Negara ini mungkin yang terkecil di dunia dengan memiliki luas 0,055 km persegi. Negara yang terletak di Nevada, Amerika Serikat ini didirikan oleh Kevin Baugh. Negara mungil ini hanya dihuni oleh 7 orang saja yang meliputi Kevin Baugh dan keluarganya, serta tiga anjing, satu kucing dan satu kelinci.

Meski tidak terkesan seperti sebuah negara, tapi Republik Molossia memilki bendera kebangsaan, lambang negara, lagu kebangsaan, paspor sendiri dan melegalkan hukuman mati untuk kejahatan yang serius. Uniknya lagi, negara ini memiliki program luar angkasa.

Share this Post:
Tim Pantau
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: