Pantau Flash
DPD RI Sebut Pilkada Bisa Kembali Dipilih oleh DPRD
127.462 Hektar Lahan di Kalimantan Hangus Terbakar Akibat Karhutla
BPJT Akan Pasang Alat Pengukur Berat Angkutan Barang di 8 Ruas Jalan Tol
Pertamina Terus Genjot Produksi Panas Bumi 1.877 MW
BNN: 90 Persen Kejahatan Jalanan Dilakukan Para Pengguna Narkoba

5 Tips Menggunakan Lensa Kontak yang Aman dan Nyaman

Headline
5 Tips Menggunakan Lensa Kontak yang Aman dan Nyaman Lensa Kontak. (Foto: iStock)

Pantau.com - Menggunakan lensa kontak bewarna seperti yang sempat populer beberapa tahun kebelakang memang cukup mampu membuat efek dramatis pada mata.

Namun, perlu diingat kalau fungsi lensa kontak bukan hanya untuk memperindah mata, melainkan untuk membantu penglihatan mata. Cara pakai yang salah bukannya memperindah kedua mata kamu tetapi justru dapat berdampak buruk pada kesehatan mata kamu.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan dalam penggunaan lensa kontak, berikut terdapat lima langkah aman menggunakan lensa kontak berwarna seperti dilansir health.com.

1. Konsultasikan dengan Spesialis Mata


Ilustrasi. (Foto: Ist)

Sebelum memutuskan menggunakan lensa kontak berwarna pastikan kamu memahami kalau benda ini merupakan alat kesehatan bukan semata "asesoris" untuk memperindah mata.

Baca Juga: Niat Pakai Lensa Kontak? Sudah Tahu Belum 5 Risikonya

2. Ukuran Lensa Kontak yang Pas


Ilustrasi. (Foto: Ist)

Selain itu, pastikan ukuran lensa kontak sesuai dengan mata kamu. Jika lensa kontak yang kamu pakai terlalu ketat menempel, maka perlahan-lahan akan menyebabkan iritasi pada mata.

3. Lensa Kontak yang Terjamin Keamanannya


Ilustrasi. (Foto: Ist)

Sekalipun saat ini memungkinkan bagi kamu membeli lensa kontak secara online, selalu pastikan alat kesehatan itu terjamin keamanannya. Kamu bisa berkonsultasi dengan spesialis mata bisa membantu anda menemukan produk yang aman.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Kebiasaan Kecil Ini Ternyata Sangat Merusak Mata

4. Lakukan Perawatan Berkala


Ilustrasi. (Foto: Ist)

Pastikan kamu merawat baik-baik lensa kontak mata yang sedang kamu gunakan. Jangan pernah mencucinya tanpa memastikan tangan kamu bersih dan menggunakan cairan yang steril. Selain itu, perhatikan masa pakai lensa kontak mata sesuai yang telah dianjurkan.

5. Gunakan Lensa Kontak Sekali Pakai


Ilustrasi. (Foto: Ist)

Ada dua jenis lensa kontak yang umum beredar di pasaran, yakni yang bisa dipakai selama beberapa bulan dan lensa kontak sekali pakai. Kontak lensa untuk mata kering yang paling dianjurkan adalah yang tidak boleh dipakai dalam waktu lama. Alangkah lebih baiknya lagi bila kamu memilih lensa kontak sekali pakai.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam