Forgot Password Register

9 'Strategi Perang' Melawan Anak yang Susah Makan

Ilustrasi anak sedang makan (Foto: Pixabay) Ilustrasi anak sedang makan (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Menghadapi anak yang rewel saat makan atau bahkan pilih-pilih makanan, seumpama perang bagi para orangtua. Tak sedikit para ibu mengaku stres saat anaknya menolak memakan sayuran.

Ahli Nutrisi Anak asal Sydney, Mandy Sacher mengaku telah menemukan 'strategi perang' menghadapi anak sulit makan sayur yang terangkum ke dalam 9 cara, dikutip Pantau.com pada laman Dailymail, Jumat (12/10/2018).

1. Buat anak terlibat dengan makanan

Terlibat di sini, berarti si anak harus mau menyentuh dan menyium makanan mereka. Ini akan membuat mereka peka terhadap makanan yang tidak mereka tahu dan enggan mereka makan.

Baca juga: Orangtua Jangan Lagi Larang Anak Makan Es Krim

Seperti ikut berbelanja, memasak atau apapun yang membuat anak lebih tahu dan mengenal.

2. Hadirkan makanan baru setiap saat

Ini bisa dipraktikkan dengan mengubah tampilan makanan, seperti mengubah bentuk potongan atau cara menghias, sehingga anak dapat terbiasa dengan tekstur makanan apapun.

3. Permainan 'acak-acak makanan'

Dapat diterapkan kepada anak bayi agar sensor tangan dapat bekerja dengan baik membedakan jenis-jenis makanan, dan seperti apa jika satu sama lain digabungkan. Biarkan anak meredakannya saat mereka bereksplorasi.

4. Buat waktu makan bersama jadi menyenangkan

Anak biasanya akan meniru orangtua dan orang terdekat. Sehingga ketika melihat orangtuanya makan dan menikmati, biasanya anak akan mudah tergiur dan ikut mencoba. Penting juga agar ada pembicaraan ringan saat makan.

5. Beri tahu hal menyenangkan

Bisa dilakukan saat anak sedang makan, orangtua menjelaskan secara ringan manfaat-manfaat makanan yang sedang ia makan, seperti jadi kuat berlari, jadi pintar, sehat dan sebagainya.

6. Lakukan seperti yang mereka sukai

Jika anak menyukai keripik kentang yang tipis dan renyah, jangan coba-coba membuat kentang dengan potongan tebal.

7. Sajikan porsi kecil di piring besar

Ini adalah teknik visual yang berhasil mengelabui. Anak akan melihat sebagai porsi yang sedikit, sehingga ia tidak akan marah saat diminta memakan makanan yang disukainya karena porsinya terlihat sedikit.

8. Buat seolah mereka punya pilihan

Usahakan untuk tidak memberi satu pilihan saja saat makan, baik jenis ataupun bentuk tampilan. Berikan pilihan lain, dan biarkan dia memilih apa yang ingin mereka makan.

Baca juga: Pola Asuh Orangtua Bisa Sebabkan Anak Berprilaku Antisosial

9. Berikan pujian dan motivasi

Anak-anak merasa bahagia jika yang dilakukannya membuat orang senang, bahkan mendapat pujian dari kedua orangtuanya. Ini akan memotivasi dia untuk terus mendapat pujian dengan melakukannya lebih baik lagi.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More