Pantau Flash
Intake Manifold Plastik Diketahui Meleleh, Volvo Tarik 507.353 Kendaraan
Bima Sakti Tetapkan 23 Pemain Isi Skuad Garuda Asia di Piala AFF U-15
BNPB Sebut Tujuh Provinsi Ini Terdampak Kekeringan
KPK Benarkan Pemprov Papua Belum Berhentikan ASN Terlibat Korupsi
Atletik Juara Umum ASEAN Schools Games 2019

Anak Rewel karena Mau Tumbuh Gigi, Coba Moms Lakukan Ini!

Anak Rewel karena Mau Tumbuh Gigi, Coba Moms Lakukan Ini! Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Saat anak baru tumbuh gigi kebanyakan orangtua akan merasa 'rungsing' dan khawatir, karena biasanya anak cenderung lebih cengeng akibat rasa tak nyaman saat gusi membengkak. 

Baca juga: Veneer Tidak Bisa Dilakukan untuk Semua Kondisi Gigi

Tapi ternyata pemijatan jadi salah satu cara untuk meringankan rasa sakit.

"Jadi kalau misalnya anak baru tumbuh gigi, orangtua bisa bantu tuh untuk melakukan pemijitan, biar dia terasa nyaman," ujar Dokter Gigi Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent kepada Pantau.com di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Selasa, (14/5/2019)

Cara lainnya menurut Dr.Mirah dapat memberikan mainan yang bisa digigit untuk merangsang gigi cepat tumbuh serta meringankan rasa gatal. Termasuk makanan untuk anak yang sudah (Makanan Pendamping ASI) MP-ASI, bisa diberikan makanan yang dapat dipegang.

"Jadi itu misalnya sesuatu yang dipegang anak itu bisa gigit, kemudian makanan yang memang asupannya tinggi kalsium, kemudian juga sayuran buah-buahan yang mineral yang untuk pembentukan gigi itu memang bagus sekali," jelasnya.

Tidak ketinggalan asupan makanan ibu yang masih menyusui juga akan membantu dengan menjaga makanan, seperti tetap minum susu, bayam, teh, dan kaldu.

Baca juga: Ingat! Tidak Semua Gigi Boleh Di-Bleaching

Selain itu, yang jadi patokan ialah sakit gigi pada anak hanya akan cenderung rewel selama 1 hingga 2 malam, tapi jika melebihi tiga hari, dan panas demam tak kunjung sembuh segera periksakan pada yang ahli.

"Mungkin kalau panas, rewel terus, sampai 3 hari demamnya enggak turun, kalau misalnya dikasih obat penurun panas, nah itu bisa ke dokter gigi, atau dicari jangan-jangan bukan cuma tumbuh gigi," tutupnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Reporter
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam