Pantau Flash
Indonesia Pimpin Klasemen ASEAN School Games 2019
Marc Klok: Saya Jamin PSM Juara Piala Indonesia 2018-2019
Harga Cabai Merah Keriting Tembus Rp100.000 per Kilogram
Satu Anggota YONIF 755 Tertembak dalam Kontak Senjata di Nduga
Kevin/Marcus Tantang Hendra/Ahsan di Final Indonesia Open 2019

Apa Maksud Infrastruktur Langit yang Diucapkan Ma'ruf Amin?

Headline
Apa Maksud Infrastruktur Langit yang Diucapkan Ma'ruf Amin? Ma'ruf Amin saat debat ketiga (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin sempat menyinggung infrastruktur langit yang telah dibangun oleh pemerintah saat ini. Hal ini disampaikan saat memasuki pembahasan soal ketenagakerjaan di debat pilpres ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

"Pertama, mari kita bersyukur bahwa tingkat pengangguran kita sekarang ini sudah berada sangat rendah antara 5,30-5,13. Terendah selama 20 tahun," ujarnya saat pemaparan dalam debat pilpres putaran ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Baca juga: Meme Unik Pasca-Debat Cawapres, Infrastruktur Langit dan Oke Oce

Lebih lanjut kata dia, hadirnya revolusi industri saat ini juga mendorong tengah kerja menguasai teknologi digital. Ia menyinggung infrastruktur langit yakni pembangunan Palapa Ring turut mengerek perkembangan teknologi digital di Indonesia.

"Kita juga ingin mendorong tenaga kerja kita mampu menguasai teknologi, terutama teknologi digital. Kebetulan pemerintah kita sekarang  sudah bisa membangun infrastruktur, baik insfrastruktur darat, infrastruktur laut, infrastruktur udara, dan infrastruktur langit," katanya.

"Insfrastruktur langit itu adalah melalui Palapa Ring, mengenai insfrastruktur digital, sehingga sekarang tumbuh usaha-usaha seperti start-up, bahkan juga unicorn. Bahkan juga kemungkinan sebentar lagi akan ada decacorn," paparnya.

Sehingga kata dia, ke depannya tenaga kerja diharapkan dapat lebih siap menghadapi tantangan industri di masa yang akan datang. 

"Dengan demikian maka tenaga kita harus kita siapkan ke depan supaya lebih siap menghadapi tantangan ke depan. Sekali lagi ini dalam rangka menyiapkan anak-anak kita, yaitu menghadapi tantangan ten years challenge," pungkasnya.

Infografis pengertian Palapa Ring (Infografis: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)


Dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Pembangunan Infrastruktur Last Mile Universal Service Obligation (USO) Palapa Ring merupakan upaya pemerintah untuk untuk memberikan akses telekomunikasi bagi masyarakat maupun layanan publik di daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T). 

Baca juga: Ternyata Ini Lho Pengertian Startup Unicorn

Melalui pembangunan Palapa Ring Tengah, pemerintah terus berupaya menyediakan akses informasi secara universal bagi masyarakat di seluruh Nusantara dengan peningkatan dan perluasan konektivitas nasional melalui program peningkatan jangkauan layanan komunikasi, khususnya layanan Internet pitalebar (broadband).

Palapa Ring Tengah yang dibangun melintasi Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara itu terdiri atas kabel darat sepanjang 1.326,22 km kabel darat dan 1,787,06 km kabel laut. Proyek yang bernilai  Rp1,38 triliun itu beroperasi itu memungkinkan akses kecepatan internet 4G sampai dengan 30 Mbps.

Share this Post:
Tim Pantau
Penulis
Adryan Novandia
Reporter
Ratih Prastika
Category
Nasional

Berita Terkait: