Forgot Password Register

Asosiasi Fintech Akan Terbitkan Kode Perilaku, Apa itu?

Ilustrasi Fintech (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi) Ilustrasi Fintech (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Asosiasi Fintech (Aftech) Indonesia akan segera menerbitkan Code of Conduct atau Kode Perilaku yang mengatur mengenai tata cara perilaku setiap anggota di dalamnya. 

"Ini yang sudah kita siapkan akan segera launching, kode perilaku ini yang menjadi salah satu millestone pertama menuju ke arah market conduct," ujar Ketua Aftech Andrian Gunadi saat ditemui di Gedung Otorisas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Andrian menambahkan, pengaturan kode perilaku sangat penting baik bagi pelaku di industri fintech maupun konsumennya.

"Itu sangat penting. Dalam kode perilaku diatur masalah transparansi, masalah governance dan perlindungan konsumen, poin itu yang kita tekankan dalam kode perilaku tersebut," ujarnya.

Nantinya akan ada pihak ketiga yang melakukan assessment, audit, sehingga pihaknya memastikan pemain yang bergerak di p2p lending memiliki kode perilaku yang seragam begitupun poin-poin yang harus ditampilkan di website harus seragam. "Sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang utuh," katanya.

Sejauh ini pihaknya mengaku draft aturan tersebut sudah rampung dan sedang dalam finalisasi. Menurutnya pembentukan aturan ini menjadi momentum yang pas didukung oleh pertumbuhan industri fintech saat ini. "Kami pun sudah ada draft-nya next step bagaimana kita bisa matangkan dan finalisasi," katanya.

"Langkah awal pembentukan market conduct ini momentum pas dan ditunggu pelaku, (juga) memberi arahan lebih jelas supervisi terkait operasional dari perusahaan fintech, tidak hanya fintech lending tapi juga yg lain," imbuhnya. 

Aturan yang sudah rampung ini baru terkait pada industri fintech lending. Namun pihaknya mengaku aturan ini dapat dijadikan pilot project untuk mengatur partikel fintech lainnya.

"Ini jadi salah satu pilot, bisa diterapkan bisa mengadopsi prinsip yg sama ini salah satu target yang bisa diagonalisasi dalam waktu dekat ini tentu terus berkoordinasi dengan OJK untuk bisa segera luncurkan code of conduct itu," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More