Forgot Password Register

Begini Reaksi Jokowi Soal Rencana Gugatan Prabowo-Sandi ke MK

Begini Reaksi Jokowi Soal Rencana Gugatan Prabowo-Sandi ke MK Pidato kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Kampung Deret (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Pantau.com - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo turut menanggapi langkah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi yang akan mengajukan gugatan hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

Jokowi menegaskan dirinya menghargai keputusan lawan politiknya. 

"Saya kira saya sangat menghargai apabila Pak Prabowo, Pak Sandi ke MK," ucapnya saat deklarasi kemenangan di Kampung Deret, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). 

Baca juga: Sah! BPN Akan Ajukan Gugatan Hasil Pilpres 2019 ke MK

Menurutnya, langkah tersebut sesuai dengan Undang-undang yang berlaku di Indonesia.

"Itu memang sesuai proses, sesuai konstitusi, sesuai dengan hukum, dan sesuai dengan Undang-undang yang kita miliki. Sangat menghargai," katanya. 

Sebelumnya, keputusan untuk mengajukan gugatan ke MK disampaikan usai BPN melakukan rapat dikediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Direktur Advokasi dan Hukum BPN Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya akan menyiapkan materi gugatan dalam beberapa waktu ke depan. 

Baca juga: Jokowi: Terima Kasih Rakyat Indonesia

Sementara itu dari hasil rekapitulasi suara nasional, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil rekapitulasi pilpres 2019 di 34 provinsi. Hasilnya pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul atas lawannya Prabowo-Sandi. Paslon 01 itu meraih suara 55,50 persen. Sementara Prabowo-Sandi 44,50 persen. 


Share :
Komentar :