Pantau Flash
MUI Akan Gelar Ijtima 3000 Ulama di Bogor
BWF World Tour Finals 2019: The Daddies Raih Gelar Juara
BWF World Tour Finals 2019: Ginting Raih Runner-up
Tol Jakarta-Cikampek II Dibuka Minggu Pagi
Tekuk Chen Long, Anthony Ginting Tembus Final BWF World Tour Finals 2019

BNPB: Pemda Tetapkan 7 Hari Masa Tanggap Longsor Sukabumi

BNPB: Pemda Tetapkan 7 Hari Masa Tanggap Longsor Sukabumi Longsor di Sukabumi (Foto: Antara/M Agung Rajasa)

Pantau.com - Pemerintah daerah telah menetapkan masa tanggap darurat bencana longsor di Kampung Cimapag Sigaherang, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, selama 7 hari. Dalam masa tanggap tersebut tim gabungan yang bertugas akan lebih fokus kepada evakuasi dan pencarian korban.

"Masa tanggap darurat ditetapkan 7 hari jadi Bupati Sukabumi telah menetapkan masa tanggap darurat selama 7 hari berlaku 31 Desember 2018 sampai 6 Januari 2019. Jadi 7 hari dan fokus utama evakuasi dan penyelamatan korban," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Kantor BNPB, Rabu (2/1/2019). 

Baca juga: Sukabumi Rawan Longsor, BNPB Dorong Peran Serta Pemda

Menurutnya, saat ini penanganan terhadap korban selamat tapi mengalami luka juga terus dilakukan dengan optimal. Saat ini, katanya, masyarakat masih ada yang memilih untuk tetap tinggal di rumahnya.

"Tentu juga perlu bantuan dan rencananya nantinya mereka akan direlokasi artinya rumah tidak akan kembali dibangun tapi akan dicarikan tempat yang lebih aman," ungkapnya.

Baca juga: Terungkap! Ini Kronologi Terjadinya Longsor di Sukabumi yang Tewaskan 15 Orang

Adapun kata Sutopo, dalam penanganan bencana itu sebanyak  892 personel gabungan dari BNPB, TNI Polri, Basarnas, SKPD dan bantuan BNPD Jawa Tengah, Jawa Barat, Tagana, PMI diterjunkan untuk mempercepat evakuasi, pencarian hingga pemulihan.

"Tiga alat berat juga dikerahkan alat berat kecil membantu proses evakuasi dua anjing pelacak juga dikerahkan," pungkasnya.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Adryan Novandia
Reporter
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: