Forgot Password Register

Cara Aman Hilangkan Perut Buncit Setelah Melahirkan Caesar

Cara Aman Hilangkan Perut Buncit Setelah Melahirkan Caesar Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - PR bagi ibu yang telah melahirkan adalah memikirkan bagaimana caranya mengecilkan perut yang buncit. Sebenarnya banyak cara tradisional yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut yang buncit setelah hamil, seperti dengan menggunakan stagen atau minum jamu. Namun cara ini sangat tidak dianjurkan untuk ibu yang melahirkan dengan cara caesar. 

Baca juga: 'Tribute to Kretek', Melawan Hari Tanpa Tembakau dengan Riang Gembira

Lalu bagaimana cara mengecilkan perut bagi ibu yang melahirkan dengan cara caesar? Berikut penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menyusui eksklusif 6 bulan, dan diteruskan MPASI sampai 2 tahun

Menyusui eksklusif adalah tips paling efektif untuk mengencangkan perut kembali. Karena ketika bayi menyusui, maka rahim akan berkontraksi dan jika terus menerus terjadi maka rahim segera kembali ke bentuk semula.

2. Campur air kapur sirih, tapel, kayu putih dan perasan jeruk nipis dengan gurita

Ini juga menjadi salah satu tips yang bisa dilakukan ketika sudah pulang dari rumah sakit. Tapi ingat jangan membalurkan campuran tadi di atas bekas luka jahitan. Menggunakan gurita  dengan cara ini justru bisa membuat perut jadi nyaman dan tidak menyebabkan jahitan tergeser. Yang perlu diingat adalah jangan memasang gurita terlalu kendor atau terlalu kencang.

3. Biasakan postur tegap saat berjalan dan duduk

Jahitan bekas operasi memang terasa perih, tapi cobalah sedikit demi sedikit untuk tidak jalan membungkuk dan duduk dengan tegap di kursi. Caranya tarik bahu kebelakang dan tarik perut ke dalam. Dengan cara ini kamu menjadi terbiasa dengan postur tubuh yang baik dan tegap.

4. Konsumsi makanan bergizi dan rendah kalori

Sebagai ibu menyusui, pasti mudah lapar, namun kamu tetap harus menjaga pola makan. Pilihlah makanan yang bergizi selain baik untuk berat badan juga baik untuk kualitas ASI. Jika tengah malam merasa lapar, konsumsi makanan yang mengenyangkan tapi rendah kalori, seperti kentang, singkong, roti gandum ato oatmeal, jangan makan yang manis-manis dan kurangi makan gorengan.

Baca juga: Pulau Khusus Wanita Ternyata Benar-benar Ada Lho...

5. Banyak minum air putih

Air putih memang sangat bermanfaat untuk menyehatkan dan menurunkan berat badan. Penuhi kebutuhan air bagi tubuh agar tidak dehidrasi dan kelembaban kulit tetap terjaga dengan baik.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More