Pantau Flash
Pemerintah Iran Keluarkan Larangan Perjalanan ke AS
Polusi Udara di Sydney Semakin Memburuk, Tujuh Kali di Atas Tingkat Bahaya
Nadiem Kembalikan USBN pada Esensi Sistem Pendidikan Nasional
Tim Panahan Fokus Olimpiade 2020 Tokyo Seusai SEA Games 2019
Kemendikbud Sebut UN Akan Diganti Sistem Penalaran

Catat! 7 Dosa Ini Tidak Akan Diampuni Allah SWT Walau Telah Bertaubat

Catat! 7 Dosa Ini Tidak Akan Diampuni Allah SWT Walau Telah Bertaubat Ilustrasi berdoa. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Setiap manusia muslim tentu pernah melakukan dosa, dan Allah SWT dipercaya akan selalu mengampuni kita jika melakukan taubat dengan niat sungguh-sungguh.

Namun adakah dosa manusia yang tidak akan diampuni Allah SWT?

"Jauhilah tujuh (dosa) yang membinasakan!” Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah itu?” Beliau menjawab, “Syirik kepada Allah; sihir; membunuh jiwa yang Allah haramkan kecuali dengan haq; memakan riba; memakan harta anak yatim; berpaling dari perang yang berkecamuk; menuduh zina terhadap wanita-wanita merdeka yang menjaga kehormatan, yang beriman, dan yang bersih dari zina.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan hadist diatas, artinya ada dosa yang tidak akan diampuni oleh Allah.

1. Syirik

Syirik merupakan hal yang menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu. Mereka disebut musrik. Dosa ini digolongkan sebagai yang sangat besar, dan tidak ada ampunan dari Allah SWT.

“Allah tidak akan mengampuni dosa syirik (mempersekutukan Allah dengan sesuatu), dan Dia mengampuni dosa selain itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sungguh, dia telah tersesat jauh sekali.” (QS. An-Nisa’ ayat 116).

2. Sihir

Selanjutnya ada dosa melakukan sihir. Dosa ini dianggap sangat besar karena berhubungan dengan orang-orang kafir.

“Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: “Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir”. Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui.” (QS. Al- Baqarah ayat 102).

Baca juga: Video 5 Ilmuan Muslim yang Gemparkan Dunia di Era Kejayaan Islam

3. Membunuh jiwa Allah kecuali Haq

Maksudnya adalah membunuh umat muslim atau pun non muslim tanpa alasan yang jelas.

“Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan suatu (sebab) yang benar.” (QS. Al- An’am ayat 151).

4. Memakan riba

Riba juga masuk kategori dosa yang tidak diampuni oleh Allah SWT. Bahkan disebutkan riba adalah penyakit setan.

“Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al- Baqarah ayat 275).

5. Memakan harta anak yatim

Kemudian dosa besar yang tidak diampuni oleh Allah SWT adalah merampas hak-hak anak yatim. Tanpa orang tua, anak yatim adalah titipan emas Yang Maha Kuasa.

“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).” (QS. An- Nisa’ ayat 10).

Baca juga: Ternyata Arti Mimpi Kecelakaan Tak Selalu Buruk Lho Guys

6. Pergi dari Jihad

Dalam perperangan membela Panji Islam, wajib bagi kamu untuk selalu melakukannya. Akan menjadi dosa besar jika meninggalkannya dan memilih diam.

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang kafir yang sedang menyerangmu, Maka janganlah kamu membelakangi mereka (mundur). Barangsiapa yang membelakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok untuk (sisat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain, Maka Sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allah, dan tempatnya ialah neraka Jahannam. dan Amat buruklah tempat kembalinya.” (QS. Al- Anfal ayat 15-16).

7. Menuduh wanita saleh melakukan zina

Zina merupakan perkumpulan wanita dan lelaki tanpa suatu ikatan perkawaninan yang sah sesuai agama dan hukum yang berlaku. Apalagi menuduh wanita saleh telah melakukannya.

“Dan orang-orang yang menuduh perempuan-perempuan terhormat (berbuat zina), kemudian itu tidak mengemukakan empat saksi, maka hendaklah mereka didera delapan puluh kali dera­an, dan janganlah diterima ke­saksian dari mereka selama-­lamanya. Itulah orang-orang fasik.” (QS. An- Nuur ayat 4).

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Ragam

Berita Terkait: