Forgot Password Register

China Siap Bantu Bangladesh untuk Pemulangan Pengungsi Rohingya

China Siap Bantu Bangladesh untuk Pemulangan Pengungsi Rohingya Gadis pengungsi Rohingya menerapkan pasta Thanaka di kamp Kutupalong di Cox's Bazar, Bangladesh. (Foto: Reuters/Mohammad Ponir Hossain)

Pantau.com - Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan, China siap bantu Bangladesh dalam pemulangan pengungsi Rohingya.

"Pihak China turut senang Bangladesh dan Myanmar telah membuat kemajuan yang penting pada masalah Rohingya dan telah sepakat untuk mulai bekerja pada pemulangan kelompok pertama pengungsi Rohingya pada bulan ini. Pihak China akan terus memberikan dukungan dalam hal ini," ucap Wang Yi saat pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Bangladesh Shahidul Haque pada Jumat 9 November 2018.

Pada 30 Oktober lalu, pihak berwenang Bangladesh dan Myanmar telah mencapai persetujuan untuk memulai pemulangan Rohingya dari Bangladesh. Dalam pernyataan tersebut, pihaknya akan memulai proses pemulangan pengungsi pada pertengahan November. 

Baca juga: Malaysia Ajukan Mekanisme Peradilan Internasional Terkait Kasus Rohingya

Seperti dilansir Sputnik, Sabtu (10/11/2018), minoritas Muslim Rohingya di Myanmar telah melarikan diri dari tempat tinggal mereka untuk menghindari kekerasan oleh polisi dan unit-unit militer dalam menanggapi serangan oleh pemberontak Rohingya di pos-pos pengamanan negara bagian Rakhie pada 25 Agustus 2017.

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), hampir 700.000 pengungsi Rohingya telah meninggalkan Myanmar menuju Bangladesh karena penderitaan yang dialami di rumah mereka sendiri.

Baca juga: PBB: Terlalu Dini Untuk Kembalikan Rohingya ke Myanmar

Share :
Komentar :

Terkait

Read More