Pantau Flash
Akibat Demo Catalan, Partai El Clasico Diundur
Mahathir Mohamad Dipastikan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf
Nasihati Anak Muda, Jack Ma: Kebanyakan Orang Pintar Ingin Menang
KPK Geledah Kantor Dinas PU Medan
Sainsbury Akan Stop Berjualan Kembang Api

China Terima Impor Durian Malaysia, Kenapa Bukan Indonesia?

China Terima Impor Durian Malaysia, Kenapa Bukan Indonesia? Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - China akan menerima batch pertama durian beku utuh dari Malaysia setelah otoritas negara itu membersihkan buah untuk diekspor, kata Menteri Pertanian dan Agro Malaysia Salahuddin Ayub, Senin (17/6/2019).

Berbicara pada upacara pembukaan di kementeriannya di sini, Salahuddin menjelaskan usaha yang berhasil itu akan sangat meningkatkan jumlah durian Malaysia yang dikirim ke China, karena sebelumnya hanya pasta dan produk yang dapat dikirim ke negara itu, dengan 238 ton dikirim pada 2018.

"Dengan ekspor seluruh durian beku hari ini, sebuah fenomena baru akan dimulai di China. Kementerian memperkirakan setidaknya 1.000 metrik ton, terutama dari varietas premium, akan tersedia di pasar China. Nilai ekspor diperkirakan akan menjadi 500 juta ringgit ($ 119 juta)," katanya lansir China Daily.

Baca juga: Kata Trump, Ada 2 Surat Kabar Besar di AS yang Akan Gulung Tikar

Salahuddin meyakinkan importir China bahwa ada banyak pasokan buah karena pemerintah telah memulai penanaman durian komersial skala besar, dengan produksi meningkat dari 211.000 ton pada 2017 menjadi 341.000 ton pada 2018.

Dia juga mendesak petani dan bisnis Malaysia untuk mempertahankan standar tinggi dalam buah-buahan yang dikirim untuk memastikan perdagangan berkelanjutan, untuk memungkinkan buah menjadi ekspor utama Malaysia dan juga mengambil keuntungan dari mempromosikan buah untuk agrowisata.

Baca juga: Dendam Akses Ekspor Khusus Dicabut, India Balas Naikkan Tarif Impor AS

Hadir pula Duta Besar China untuk Malaysia Bai Tian yang menggambarkan durian Malaysia sebagai salah satu varietas buah terbaik dan mengatakan pasar konsumen yang besar di China sedang menunggu pengiriman.

"Di China ada 1,4 miliar orang dan dikatakan juga, ada 300 hingga 400 juta pelanggan berpendapatan menengah. Saya percaya segera mereka akan memiliki sukacita untuk mencicipi durian terbaik di dunia, jadi saya berharap perdagangan durian antara China dan Malaysia akan berkembang dan saya percaya lebih banyak petani durian Malaysia akan mendapat manfaat dari perdagangan durian ini dan saya juga sangat mendukung rencana pariwisata durian yang akan dipetakan dalam waktu dekat," katanya.

Batch pertama empat ton durian akan dikirim melalui kargo udara, dengan bets berikut dikirim ke Cina melalui angkutan laut, dalam wadah yang dikontrol suhu dipertahankan pada minus 18 derajat celcius.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: