Forgot Password Register

Dampak Perluasan Ganjil Genap, BPTJ Siapkan Ratusan Bus Tambahan

Dampak Perluasan Ganjil Genap, BPTJ Siapkan Ratusan Bus Tambahan Perluasan aturan ganjil genap di Jalan Gatot Subroto (Foto: Antara/Aprilio Akbar)

Pantau.com - Mulai hari ini sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta menerapkan perluasan sistem ganjil genap. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyiapkan bus tambahan untuk masyarakat yang akan terdampak adanya aturan ini.

"Terkait dengan penyediaan angkutan, ya itu memang secara analisis dan juga kebijakan kita memang membutuhkan tambahan bus itu. Kita merencanakan ada sekitar 204 bus tambahan yang memang untuk dampak diberlakukannya ganjil genap," ucap Kepala Bagian Humas BPTJ, Busi Raharjo saat dihubungi Pantau.com, Senin (2/7/2018).

Baca juga: Banyak Masyarakat Belum Tahu Uji Coba Perluasan Ganjil Genap

Budi mengatakan, nanti bus tambahan itu akan tersedia dari beberapa operator bus yakni Transjakarta, PPD, dan Damri. Namun terkait dengan operasionalnya, kata Budi, masih bertahap.

"Tambahan bus ini realisasinya nanti akan melibatkan berbagai unit kerja ya. Selain Dishub DKI sendiri juga ada PT Trans Jakarta, PPD, ada Damri, dan juga Dirjen perhubungan darat," tuturnya.

Baca juga: Hari Pertama Uji Coba Perluasan Ganjil Genap, Petugas Gencarkan Sosialisasi

Budi menambahkan, bus tambahan itu nantinya akan ditempatkan di beberapa titik yang dinilai menjadi terjadi dampak adanya perluasan ganjil genap. 

- Jalan Benyamin Sueb: dari dan ke Tanjung Priuk, Sawah Besar, Penjaringan, Taman Sari, Kemayoran, dengan jumlah 19 bus.

- Jalan Panjaitan: dari dan ke Duren Sawit, Pulo Gadung, Pondok Gede, Cakung, Tebet, dengan tambahan armada 20 bus.

- Jalan Ahmad Yani: dari dan ke Menteng, Pulo Gadung, Jatinegara, Duren Sawit, Tebet, dengan tambahan 12 bus. 

- Jalan Rasuna Said: dari dan ke Duren Sawit, Kelapa Gading, Pulo Gadung, Pasar Rebo, Tebet, dengan 36 armada tambahan.

- Jalan MT Haryono: dari dan ke Pasar Minggu, Setia Budi, Kebayoran Baru, Mampang Perapatan, Cakung, dengan 34 bus tambahan.

- Jalan MH Thamrin: dari dan ke Tanah Abang, Pulo Gadung, Setia Budi, Duren Sawit, Gambir, dengan 20 bus tambahan.

- Jalan Sudirman: dari dan ke Kebayoran Baru, Setia Budi, Kebayoran Lama, Palmerah, Gambir, dengan 27 bus tambahan.

- Jalan Metro Pondok Indah: dari dan ke Kebayoran Baru, Cilandak, Pesanggrahan, Ciputat, Kebun Jeruk, dengan 36 bus tambahan.

Sementara Dinas Perhubungan DKI Jakarta sendiri kabarnya akan menyiapkan feeder gratis untuk mengantisipasi dampak adanya perluasan ganjil genap.

Sekadar informasi perluasan sistem ganjil genap ini dimaksudkan untuk menyambut kesiapan Indonesia dalam menyelenggaran Asian Games 2018 pada bulan Agustus mendatang. Sosialisasi mengenai perluasan juga akan dilakukan selama sebulan ke depan mulai tanggal 2 Juli sampai 31 Juli 2018. Selama sosialisasi belum akan dilakukan penindakan sanksi tilang.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More