Forgot Password Register

Demi Afghanistan, HPC Siap Bicara Langsung dengan Taliban

Demi Afghanistan, HPC Siap Bicara Langsung dengan Taliban Ilustrasi militan Taliban dengan militer Afghanistan. (Foto: Reuters/Mohammad Ismail)

Pantau.com - Afghanistan siap untuk melakukan perundingan damai Taliban, dalam waktu dekat ini. Juru Bicara Dewan Perdamaian Tinggi (HPC) Ehsan Taheri mengatakan, pemerintah Afghanistan tidak akan menetapkan prakondisi apa pun untuk pembicaraan perdamaian itu.

"Saat ini, kami, pemerintah dan Dewan Perdamaian Tinggi (HPC) menyatakan bahwa tidak ada prasyarat untuk peluncuran pembicaraan," kata Taheri, yang dikutip dari RT, Rabu (5/12/2018).

Didirikan pada 2010 oleh Presiden Hamid Karzai, HPC adalah badan yang bertanggung jawab atas negosiasi perdamaian dengan Taliban.

Baca juga: November Jadi Lembar Kelam Terparah untuk Afghanistan

Negosiasi perdamaian yang sudah lama ditunggu-tunggu mungkin dimulai tahun ini atau tahun depan. Keinginan komandan Taliban untuk terlibat dalam pembicaraan tanpa perantara itu sangat kuat.

Karena itu, Kabul terbuka untuk membahas setiap masalah penting untuk masa depan Afghanistan. 

Ada kegiatan diplomatik rendah yang terjadi di dalam dan di sekitar Afghanistan. Dalam beberapa bulan terakhir, Taliban dilaporkan mengirim delegasi resmi ke negara tetangga Uzbekistan, dan juga mengadakan pembicaraan dengan para diplomat AS di Qatar, di mana sayap politik militan memiliki kantor penghubung tidak resmi.

Baca juga: Selidiki Serangan Mematikan AS di Afghanistan, NATO Turun Gunung

Share :
Komentar :

Terkait

Read More