Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

Deretan 5 Kiper Terpendek yang Pernah Jadi Sorotan Dunia

Deretan 5 Kiper Terpendek yang Pernah Jadi Sorotan Dunia Ted Burgin. (Foto: Howtheyplay)

Pantau.com - Sebagai penjaga gawang, sudah barang pasti harus memiliki postur badan tinggi menjulang. Pasalnya, seorang kiper harus melindungi gawang setinggi 2,4 meter agar tidak dimasukkan oleh lawannya. Selain itu, kiper dengan postur tinggi juga bisa menjadi senjata untuk melakukan duel udara dengan pemain lawan. Namun bagaimana jika seorang penjaga gawang justru memiliki postur pendek dan dijuluki kiper terpendek di dunia.

Lalu Siapa Saja Kiper Terpendek di Dunia?

Nyatanya dalam dunia sepak bola masih banyak penjaga gawang yang terbilang 'pendek'. Berikut Pantau.com merangkum lima kiper terpendek di dunia:

1. Pedro Manuel Benitez Arpolda (166 sentimeter)

kiper terpendek di dunia pedro manuel benitez arpolda

Pedro Manuel (Howtheyplay)

Pendro Manuel menjadi kiper paling pendek yang pernah tampil di Piala Dunia. Kiper kelahiran 1901 ini merupakan pilihan utama Timnas Paraguay pada gelaran Piala Dunia 1930 meski tingginya hanya 166 sentimeter. 

2. Jorge Campos (168 sentimeter)

jorge campos

Jorge Campos. (Foto: Howtheyplay)

Kiper asal Meksiko ini merupakan salah satu yang paling menyita perhatian. Selain hanya memiliki tinggi 168 sentimeter, Campos juga terkenal dengan penjaga gawang yang selalu menggunakan jersei berwarna-warni. 

3. Francesco Quintini (168 sentimeter)

francesco quintini

Francesco Quintini. (Foto: Howtheyplay)

Francesco Quintini bergabung dengan AS Roma pada 1971. Ia tercatat sebagai kiper terpendek di Serie A pada musim 1971/1972 dengan tinggi 168 sentimeter. Meski begitu, Quintini justru menjadi pilihan utama Serigala Ibu Kota. 

4. Juan Botasso (169 sentimeter)

juan bataso

Juan Botasso. (Foto:Howtheyplay)

Pria kelahiran 1908 ini tercatat sebagai salah satu kiper terpendek dari Argentina di eranya dengan hanya 169 sentimeter. Meski begitu, ia mampu merebut satu tempat di Timnas Argentina dan menjadi kiper utama di ajang Piala Dunia 1930. 

5. Ted Burgin (170 sentimeter)

ted burgin

Ted Burgin. (Foto: Howtheyplay)

Meski memiliki tinggi hanya 170 sentimeter, Ted Burgin merupakan salah satu kiper terbaik di era 50an. Kepiawaiannya di bawah mistra, membuat Burgin selalu dipercaya oleh klub Sheffield United untuk mengawal gawangnya selama delapan musim. 

Tim Pantau
Editor
Reza Saputra
Penulis
Reza Saputra
Category
Olahraga

Berita Terkait: