Forgot Password Register

Deretan Negara dengan Pajak Terendah, Ada Negara Miskin Lho

Deretan Negara dengan Pajak Terendah, Ada Negara Miskin Lho Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Kenapa negara memberlakukan pajak? Perlu sobat Pantau tahu bahwa pajak sangat penting untuk negara, khususnya pembangunan. Bahkan, dalam anggaran pendapatan dan belanja negara nilai pajak bisa menjadi nilai paling tinggi untuk dikejar dalam satu tahun.

Jika sebelumnya ada beberapa negara yang warga negaranya dibebaskan dari pajak, kali ini kita akan bahas negara yang memberlakukan pajak paling rendah. Berikut daftranya;

Baca juga: Kabar Gembira, Pertamina Temukan Cadangan Minyak di Sumur Benewangi

5. Lesotho


Bendera Lesotho (Foto: Pixabay)

Jika melihat info dari Wikipedia, Lesotho merupakan negara berbentuk kerajaan, terletak di benua Afrika sebelah selatan dan merupakan sebuah enclave yang dikelilingi oleh Afrika Selatan.

Negara ini terletak di daratan tinggi, wilayahnya berada di ketinggian lebih dari 1.000 meter dari permukaan laut. Ekonomi mereka ditopang dari agrikultur, livestock, pertambangan, dan lainnya. Anehnya, Lesotho merupakan salah satu negara miskin di dunia, tetapi memiliki pajak terendah dibandingkan negara lainnya di benua Afrika. Negara ini memiliki nilai pajak sebesar 13,6 persen.

4. Bahrain


(Foto: Pixabay)

Negara Arab kecil berbentuk monarki di Teluk Persia. Bahrain terkenal sejak zaman purbakala karena mutiaranya hingga abad ke-19. Bahkan, negara ini merupakan negara pertama pengirim minyak di Teluk Persia. Bahrain mulai berinvestasi pada sektor perbankan dan pariwisata pada abad ke-20.

Bahrain memiliki tingkat indeks pembangunan manusia yang tinggi dan dikenal oleh Bank Dunia sebagai sebuah negara berpendapatan tinggi.

Bahrain menghitung besaran pajak hanya sebesar 13,5 persen. Bahrain bahkan tidak memberikan pajak terhadap pajak pendapatan dan pajak penjualan.

Baca juga: Di Tengah Goyangan Utang Negara, Jokowi Tegaskan Pentingnya Infrastruktur

3. Kuwait


Kuwait Tower (Foto: Pixabay)

Kuwait merupakan negara monarki di pesisir Teluk Persia, Timur Tengah. Mereka kaya dengan minyak dan berbatasan dengan Arab Saudi serta Irak. Kuwait memiliki petroleum sebagai sumber ekonominya dan merupakan produk ekspor utama.

Dinar Kuwait juga merupakan mata uang paling berharga di dunia. Menurut Bank Dunia Kuwait masuk ke dalam 7 negara terkaya di dunia. Kuwait adalah negara GCC terkaya kedua per kapita (setelah Qatar).

Kuwait menetapkan 12,9 persen sebagai nilai pajaknya. Nilai ini cukup rendah dan mendorong Kuwait sebagai negara pajak terendah ketiga di dunia.

Nilai pajak ini pernah ditolak oleh IMF karena nilai pajak ini tidak dapat meningkatkan kondisi finansial negara tersebut yang sedang jatuh.

Baca juga: Proyek Infrastruktur, Jadi Senjata untuk Jokowi atau Prabowo di Debat Kedua?

2. Qatar


(Foto: Pixabay)

Qatar merupakan sebuah negara emirat di Timur Tengah, terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab di Asia Barat. Qatar merupakan negara monarki.

Negara ini memiliki pendapatan ekonomi tinggi, ditopang oleh cadangan gas alam dan minyaknya yang terbesar ketiga di dunia. Qatar juga masuk ke dalam negara berpendapatan per kapita tertinggi di dunia.

Pendapatan utama negara Qatar saat ini adalah dari ekspor minyak dan gas bumi. Qatar bersama Bahrain adalah salah satu negara dengan pajak terendah di dunia. Nilai pajak di negara Qatar adalah 11,3 persen, dan membuat Qatar sebagai negara dengan nilai pajak terendah kedua di dunia.

1. Macedonia


Bendera Macedonia (Foto: Pixabay)

Macedonia merupakan negara yang terletak di semenanjung Balkan, Eropa Selatan. Saat ini Makedonia menempati tempat ke-4 dari 178 negara dengan tingkat perubahan kemajuan ekonomi oleh Bank Dunia. Makedonia merupakan satu-satunya negara dengan nilai pajak di bawah 10 persen.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More