Pantau Flash
Ginting Raih Juara Indonesia Master 2020
Greysia Polii/Apriyani Rahayu Juara Indonesia Master 2020
Minions Pertahankan Gelar Juara Indonesia Master 2020
Serangan Militan Al-Houthi Pendukung Iran Tewaskan Puluhan Militer Yaman
Pangeran Harry dan Meghan Markle Akan Kehilangan Gelar Bangsawan

Dinilai Pensiun Muda, Apa Iya Jack Ma Sengaja Amankan Harta Warisan?

Dinilai Pensiun Muda, Apa Iya Jack Ma Sengaja Amankan Harta Warisan? Pendiri Alibaba, Jack Ma (Foto: Getty Image)

Pantau.com - Jack Ma resmi mundur dari jabatannya di CEO Alibaba. Pria yang sudah memegang Alibaba kurang lebih 20 tahun ini begitu dihormati pemerintah China.

Bahkan, November lalu sebagai Ma masuk daftar 100 orang yang telah membuat kontribusi luar biasa bagi transformasi ekonomi China dalam empat dekade terakhir.

Peristiwa itu dilaporkan oleh People's Daily, surat kabar resmi Partai Komunis yang berkuasa. Pengungkapan itu terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran atas cengkeraman yang lebih ketat yang diberikan pada sektor swasta China oleh Partai Komunis di bawah Presiden Xi Jinping.

Baca juga: Jack Ma Resmi Mundur sebagai CEO Alibaba Hari Ini

Ma pensiun dari Alibaba pada usia yang relatif muda. Sebelumnya, Jack Ma pernah berkelakar bahwa dia ingin pensiun lebih awal dari Bill Gates, yang mengundurkan diri sebagai ketua Microsoft pada usia 58 pada tahun 2014.

Beberapa orang mengaitkan waktu keputusan Ma dengan peningkatan pembatasan pemerintah China pada perusahaan internet. Tetapi Ma membantah bahwa Beijing memaksanya keluar ketika dia berbicara di acara Alibaba September lalu.

"Saya mendapat rumor dari luar China, mengatakan: 'Itu karena pemerintah ingin menjatuhkan anda.' (Tidak ada yang bisa mendorong anda keluar), jika anda tidak ingin pergi, kan? Karena saya tahu itu bukan masalah politik atau pemerintahan," kata Ma.

Namun, beberapa pengamat mengatakan bahwa Ma meninggalkan Alibaba  sebagai penyelamatan diri. Proyek-proyek amal Ma telah mengisyaratkan bahwa ia tertarik untuk mengejar pensiun memiliki manfaat tambahan karena tidak mungkin menimbulkan gelombang dengan kepemimpinan China.

Bab terakhir dalam buku Clark tentang Ma berjudul "Ikon atau Icarus."

Baca juga: Dibuka 17 September, Amazon Butuh 30.000 Pekerja Nih

"Dia ingin mengamankan warisannya. Dia tidak sepenuhnya keluar dari perusahaan. Tetapi langkah ini adalah cara yang cerdas untuk meninggalkan yang tinggi," kata Clark.

"Untuk menghindari menjadi Icarus kamu harus tidak hanya menghindari terbang terlalu dekat dengan matahari, tetapi juga menghindari menabrak ombak. Jadi kamu harus tetap ambisius. Dalam filantropi, pendidikan, lingkungan dia punya banyak ruang untuk melambung Belum. Daerah di mana pemerintah akan toleran jika tidak mendorong," kata Clark.


Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: