Forgot Password Register

Diperiksa KPK 2 Jam, Eks Anggota Banggar DPR Tak Mengetahui Kasus Taufik Kurniawan

Diperiksa KPK 2 Jam, Eks Anggota Banggar DPR Tak Mengetahui Kasus Taufik Kurniawan Djoko Udjianto (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Djoko Udjianto membantah mengetahui soal pembahasan APBN-P tentang Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemkab Kebumen untuk tahun 2016. Ia mengatakan saat APBN-P 2016 tengah dibahas, dirinya sudah bukan anggota Badan Anggaran (Banggar) di DPR.

Hal itu ia sampaikan usai diperiksa menjadi saksi Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan dalam kasus suap anggaran DAK fisik dan APBN-P 2016. 

"Tidak mengetahui. Tidak ada. Saya cuma (diperiksa) dua jam. Saya kan sudah tidak di Banggar," kata Djoko di Gedung KPK, Jl. Kuningan Mulia, Jakarta Selatan, Rabu (13/2/2019). 

Baca juga: Usut Suap Taufik Kurniawan, KPK Panggil Anggota Banggar DPR serta PNS Kemenkeu

Kemudian saat ditanya mengenai materi pemeriksaan, Djoko enggan memaparkannya. "Saya sudah menyampaikan apa yang ditanyakan KPK masalah pak Taufik, itu aja," ucapnya. 

Dalam kasus ini, KPK menduga Taufik Kurniawan membantu meloloskan dana alokasi khusus (DAK) untuk Pemkab Kebumen. Keterlibatan Taufik terungkap berdasarkan pengakuan Bupati Kebumen nonaktif Yahya Fuad di persidangan.

Baca juga: KPK Kembali Agendakan Pemeriksaan Sejumlah Anggota DPRD Lampung Tengah

Yahya diduga menyiapkan dana imbalan sebanyak 5 persen untuk Taufik dari total anggaran yang diterima Pemkab Kebumen. Ada pun dalam APBN-P 2016, Pemkab Kebumen mendapat DAK sebanyak Rp93,37 miliar. 

KPK menduga total uang yang diterima Taufik sebanyak Rp3,65 miliar yang diserahkan secara bertahap di hotel Semarang dan Yogyakarta. 


Share :
Komentar :

Terkait

Read More