Forgot Password Register

Headlines

Ditantang 'Buka-bukaan' Data oleh Lembaga Survei, Ini Jawaban BPN

Ditantang 'Buka-bukaan' Data oleh Lembaga Survei, Ini Jawaban BPN Direktur Materi dan Debat BPN Prabowo-Sandi Sudirman Said (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Sudirman Said mengatakan, bahwa pihaknya siap membuka data hingga metode apa yang dipakai dari hasil real count internalnya terkait hasil perhitungan suara Pilpres 2019.

Akan tetapi Sudirman menegaskan, bahwa ia akan membuka hal tersebut jika para sejumlah lembaga survei yang menjadikan hasil Quick Count saat ini untuk menyampaikan ke publik sumber dana yang dipakai.

Baca juga: BPN Tuding Lembaga Survei dan Media Massa Giring Opini Masyarakat

"Bila diperlukan nanti kita siap membuka. Tapi saya menantang lembaga survei yang terbukti yang menjadi bagian dari tim kampanye membuka siapa pendananya," ujar Sudirman di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2019).

Mantan menteri ESDM itu mengatakan, bahwa pihaknya benar-benar melakukan proses perhitungan dengan cara yang profesional. Menurutnya, perhitungan juga dilakukan dengan dibantu berbagai pihak.

"Jadi kita punya lapisan data berlapis Insya Allah akan memperkuat argumen kita ya," ungkapnya.

Lebih lanjut, bagi Sudirman dan pihaknya tak mau lagi berpegangan pada hasil Quick Count lembaga survei. Sebab, kata Sudirman, lembaga survei lebih banyak melesetnya seperti pada Pilkada Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Baca juga: TKN Analisis Klaim Kemenangan Kubu Prabowo, BPN: Pakai Data yang Mana?

"Apalagi kita ketahui lembaga-lembaga survei pernah salah total di Jateng di Jabar di DKI. Dan diketahui juga sebagai lembaga survei itu memang oleh banyak orang sebagai tim suskses ini suatu yang saya alami ketika di Jateng. Jadi itulah keadaannya berbeda sekali Insya Allah kita mencatat sejarah," tandasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More