Pantau Flash
7 Tahun Digarap, PLTA Rajamandala akan Pasok Kelistrikan Jawa-Bali
Hendra Pastikan Indonesia Open 2019 Bukan Kompetisi Terakhirnya
Harga Cabai Tembus Rp70.553 per Kg Setara Setengah Kg Daging Sapi
Persija Siap Beri Kekalahan Pertama untuk Tira Persikabo
DPR Terima Surat Pertimbangan Pemberian Amnesti Baiq Nuril

Ezra Batal Perkuat Timnas U-23, Imam Nahrawi: Ini Pelajaran untuk PSSI

Ezra Batal Perkuat Timnas U-23, Imam Nahrawi: Ini Pelajaran untuk PSSI Menpora, Imam Nahrawi. (Foto: Pantau.com/Wila Wildayanti)

Pantau.com - Pemain naturalisasi Indonesia, Ezra Walian, tidak bisa lagi membela Timnas Indonesia U-23 di kompetisi resmi FIFA atau AFC setelah FIFA mengeluarkan keputuskan. Mengenai masalah itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengingatkan PSSI untuk dijadikan pelajaran.

Seperti diketahui FIFA telah mengambil keputusan bahwa mereka tak mengizinkan Ezra Walian untuk membela timnas Indonesia, karena sudah pernah memperkuat timnas U-17 Belanda pada kompetisi resmi UEFA, yakni Piala Eropa U-17, dan keputusan itu didasari dari statuta FIFA pasal 5 ayat 2.

Dengan keputusan itu pun Imam menegaskan bahwa ini menjadikan pelajaran luar biasa untuk federasi, bahkan dengan ini pun PSSI nanti akan bisa lebih hati-hati dalam mempersiapkan semua prasyarat yang dibutuhkan setiap pemainnya.

Baca Juga: Garuda Muda Dihancurkan Thailand 4-0 di Kualifikasi AFC U-23

"Kami baru tau juga, sehingga kami belum bisa memberi respon lebih lanjut, tapi setidaknya ini pelajaran penting agar berikutnya harus di siapkan, apa saja prasyarat bagi pemain untuk bisa memperkuat timnas, lebih-lebih yang masih dianggap punya dwikewarganegaraan," ujar Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Sementara itu, PSSI sendiri mengatakan menghormati keputusan yang dilakukan oleh FIFA. Hal itu pun langsung disampaikan oleh Sekertaris Jendral PSSI, Ratu Tisha Destria.

"PSSI menghormati keputusan FIFA. Namun, kita masih punya peluang untuk challenge terkait status Ezra,” kata Tisha terpisah.

Baca Juga: Ezra Tak Bisa Tampil, PSSI Hormati Keputusan FIFA 

Imam menilai jika seharusnya PSSI lebih pro aktif lagi kepada pemerintah, sehingga dengan kekurangan apapun itu pemerintah akan bisa membantu, dan tidak terulang kembali hal seperti ini.

"PSSI saya kira perlu proaktif kepada pemerintah, karena pada prinsipnya pemerintah akan terus membantu setiap keinginan federasi cabang olahraga untuk meraih prestasi internasional," tuntas Imam.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Reporter
Willa Wildayanti
Category
Olahraga

Berita Terkait: