Forgot Password Register

Gelombang Panas Ekstrem Terjang Australia, Suhu Diperkirakan Capai 47 Derajat

Gelombang Panas Ekstrem Terjang Australia, Suhu Diperkirakan Capai 47 Derajat Wilayah Kimberley dan Pilbara di Australia Barat akan

Pantau.com - Biro Meteorologi (BOM) setempat mendefinisikan gelombang panas sebagai suhu udara panas selama tiga hari atau lebih, baik siang maupun malam hari. Di wilayah Fitzroy Crossing misalnya, suhunya diperkirakan akan mencapai 47 derajat pada hari Sabtu (8 Desember 2018). Ini merupakan rekor untuk suhu bulan Desember.

Pengusaha setempat John Rodrigues mengaku sudah terbiasa menjalani hari-hari panas selama tinggal di kota itu 18 tahun.

"Panasnya kering sehingga masih dapat ditanggung. Namun, begitu suhu mencapai 47 derajat maka panasnya akan terasa bahkan di saat bernafas," ujarnya, seperti dilansir ABC News, Jumat (7/12/2018).

"Biasanya suhu di sini mencapai 44 derajat. Jadi suhu 47 akan sulit dihadapi terutama di malam hari karena suhunya tidak mendingin. Dengan suhu itu aspal di jalan pun akan meleleh dan lengket.”

Baca juga: Dihantam Gelombang Panas, Pesawat Jadul Peninggalan Perang Dunia Jatuh di Swis

Temperatur udara di sejumlah lokasi di Kimberley dan Pilbara akan mencapai 40-an derajat selama beberapa hari berturut-turut. Namun di malam hari akan turun menjadi 20-an hingga 30-an derajat.

Berbagai hal dilakukan warga untuk mengatasi suhu panas, sepeti warga yang pergi ke sungai dan menghabiskan waktu di sana.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More