Pantau Flash
Joko Driyono Jalani Sidang Vonis Kasus Perusakan Bukti Pengaturan Skor
Sampah Plastik di Jawa Barat Akan Disulap Jadi Biodiesel
Komisi III DPR Gelar Rapat Pleno Bahas Amnesti Baiq Nuril Hari Ini
Cristiano Ronaldo Bebas dari Dakwaan Kasus Pemerkosaan
Intake Manifold Plastik Diketahui Meleleh, Volvo Tarik 507.353 Kendaraan

Gencar Cegah Hoaks, WhatsApp Siapkan Fitur Pendeteksi Spam

Gencar Cegah Hoaks, WhatsApp Siapkan Fitur Pendeteksi Spam Ilustrasi Whatsapp. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - WhatsApp dikabarkan sedang menyiapkan fitur yang jika diaktifkan akan dapat mendeteksi informasi tentang pesan berantai, membantu penggunanya mengenali apakah pesan tersebut tergolong spam atau berita palsu.

Baca juga: Cara Buat Stiker WhatsApp Lucu Bergerak 2019 Gratis

Laman WABetaInfo menulis di aplikasi berkirim pesan versi 2.19.80, WhatsApp memasukkan fitur bernama 'Forwarding Info' yang ada di bagian Message Info.

Jika pengguna mengklik pesan yang mereka kirim ke pengguna lain, dia akan bisa melihat apakah pesan tersebut sudah sampai dan sudah dibaca oleh lawan bicara mereka, fitur yang sudah ada saat ini.

Baca juga: Cara Backup Whatsapp di Android dan iPhone dengan Mudah

Jika pengguna mendapatkan pesan berantai dan ingin tahu berapa kali pesan tersebut sudah dikirimkan, kirim ulang pesan tersebut lalu klik dan tahan pesan yang kita kirimkan untuk membuka Message Info.

Fitur baru ini akan memperlihatkan berapa kali pesan tersebut sudah pernah dikirimkan, menurut WABetaInfo. Fitur ini diperkirakan akan tersedia dalam versi beta dalam beberapa waktu ke depan.

Sebuah pesan tergolong sering dikirim ulang jika dikirimkan lebih dari empat kali. WhatsApp dalam versi terbaru akan memberikan gelembung yang sedikit lebih besar pada pesan yang sering diteruskan.

Baca juga: Chat Whatsapp Lama Tiba-tiba Hilang Sendiri? Ini Dia Solusinya

Melalui fitur ini, WhatsApp mengajak para penggunanya untuk memahami bahwa pesan yang sangat populer, yang terlalu sering diteruskan, patut dicurigai mengandung informasi yang belum tentu benar.

Sayangnya, fitur Forwarding Info ini tidak terlihat jika pesan tersebut tergolong "sering dikirim ulang" atau sudah lebih dari lima kali diteruskan, menurut laman tersebut.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Penulis
Rifeni
Category
Ragam

Berita Terkait: