Forgot Password Register

Guys, Ini Dia Cara Backup Whatsapp di Android dan iPhone dengan Mudah

Guys, Ini Dia Cara Backup Whatsapp di Android dan iPhone dengan Mudah Ilustrasi aplikasi Whatsapp. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Aplikasi WhatsApp ini dianggap salah satu aplikasi terpenting di smartphone, baik untuk keperluan komunikasi biasa atau bisnis, karenanya tak jarang kita enggan kehilangan data kontak, foto bahkan percakapan dan kita diwajibkan mengetahui cara backup whatsapp baik di iPhone ataupun Android.

Tapi ternyata ada loh cara  mudah dengan menggunakan aplikasi bawaan seperti Google Drive dan iCloud, sebagaimana melansir laman FAQ WhatsApp Jumat (11/1/2019). Cara backup Whatsapp dibagi ke dalam dua bagian, untuk iPhone serta Android.

Baca juga: Chat Whatsapp Lama Tiba-tiba Hilang Sendiri? Ini Dia Solusinya

Cara Backup Whatsapp iPhone

Syarat yang harus dipenuhi ialah Anda harus punya aplikasi iCloud yang bisa diakses dengan menggunakan ID Apple. IOS yang digunakan minuman iOS 7 atau lebih atas yang mengandalkan iCloud Drive yang dinyalakan pada iOS 8. Sedangkan untuk iOS 7, dokumen dan data sambungan internet harus dijalankan. Terakhir, pastikan ada ruang kosong untuk penyimpanan data.

Pulihkan chat melalui iCloud

1. Pastikan cadangan iCloud tersedia di WhatsApp Pengaturan > Chat > Cadangan Chat.

2. Jika melihat update kapan terakhir di cadangan sesuai yang diinginkan, misalnya hari ini, maka silakan langsung hapus dan install ulang WhatsApp karena sudah terpasang.

3. Setelah selesai memverifikasi nomor telepon, maka dipastikan semua chat dan data akan seperti saat terakhir kali.

Ada masalah dengan iCloud

Kalau ini terjadi dan tidak bisa membuat cadangan, maka pastikan ID Apple sesuai saat masuk iCloud. Periksa apakah iCloud sudah benar-benar menyala, yaitu sebagai berikut.

Masuk ke Pengaturan IPhone > ketuk nama > iCloud.

Baca juga: Cara Buat Stiker WhatsApp Lucu Bergerak 2019 Gratis

Cara Backup di Android

Cadangan dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google Drive, setelahnya buka WhatsApp, klik menu, cadangkan chat. Muncul pilihan klik Google Drive, dan pada frekuensi pilih 'Jangan Pernah'. Setelahnya, pilih akun google yang akan digunakan untuk menyimpan cadangan, pastikan juga Anda mengingat di akun mana Anda mencadangkannya.

Pulihkan cadangan dari Google Drive

1. Pastikan Anda ingat akun mana yang menyimpan cadangan chat.

2. Copot dan pasang kembali aplikasi WhatsApp setelah usai perbaikan.

3. Setelah memverifikasi nomor handphone, Anda akan kembali diminta memulihkan chat atau media melalui Google Drive, lalu 'Cadangkan'.

4. Klik lanjut dan secara otomatis chat akan kembali seperti saat pertama sebelum Anda menginstal WhatsApp.

5. Setelah chat dipulihkan, berangsur-angsur WhatsApp akan memulihkan media yang sudah dicadangkan, seperti foto, voice note atau video.

Itulah beberapa langkah mudah cara backup chat whatsapp dengan mudah untuk iPhone dan Android, semoga data-data di whatsapp anda selalu aman dan ingat, selalu backup whatsapp anda secara berkala ya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More