Forgot Password Register

Hati-hati AS... Badai Florence akan Seperti 'Pukulan Mike Tyson'

Penampakan badai Florence dari luar angkasa. (Foto: Reuters) Penampakan badai Florence dari luar angkasa. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Badai Florence mulai menghantam pantai Utara dan Selatan Carolina Kamis (13 September 2018) waktu setempat. Penduduk telah diinformasikan badai kategori 2 tengah mendekat.

Melansir Sputnik, Jumat (14/9/2018), ribuan orang berbondong-bondong ke tempat penampungan pemerintah yang dibuka menjelang jelang badai Florence berbahaya tiba di AS. 

Baca juga: Video Ini Perlihatkan Ganasnya Badai Florence yang Akan Hantam AS

Foto dan rekaman video dari gelombang badai yang kuat, banjir ringan dan bahkan aksi pemberan nan konyol berselancar menghiasi dunia maya. 

"Hujan lebat dengan angin badai tropis menyebar ke seluruh Outer Banks dan tenggara pantai Carolina Utara. Kekuatan angin badai tropis berkisar antara 39 dan 73 mph," bunyi keterangan Pusat Badai Nasional.

Menurut Stasiun North Carolina Utara ABC 11, sebagian besar kekhawatiran yang dipicu oleh Badai Florence adalah adanya kemungkinan banjir besar dan kerusakan pantai. Diprediksi, kerugian bisa mencapai USD50 miliar dan USD60 miliar.

Gubernur North Carolina Roy Cooper, mendesak warga negara untuk waspada terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh badai. "Pesan saya hari ini, Jangan rileks. Jangan puas diri. Tetap waspada. Ini adalah badai kuat yang bisa membunuh. Hari ini, ancaman menjadi kenyataan," katanya saat konferensi pers.

Baca juga: Badai Florence 4 Mengintai, Pabrik Pesawat Boeing 787 Carolina Langsung Tutup

Meskipun Florence diperkirakan akan melemah menjadi depresi tropis pada hari Minggu mendatang, pejabat menekankan bahwa banjir akan terus menjadi perhatian utama, karena pesisir North Carolina diperkirakan akan terkena hujan deras.

"Ini tidak akan menjadi pukulan sekilas. Ini akan seperti pukulan Mike Tyson di pantai Carolina."," Jeff Byard, administrator asosiasi FEMA untuk respon dan pemulihan, mengatakan kepada NBC.

Selain Carolinas, keadaan darurat telah dinyatakan di beberapa negara bagian, termasuk Georgia, Virginia, dan Maryland.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More