Forgot Password Register

Hati-hati, Cangkir Kantor Bisa Berbahaya bagi Karyawan

Ilustrasi Cangkir (Foto: Pixabay) Ilustrasi Cangkir (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Peralatan makan dan minum di kantor ternyata tak cukup dibersihkan dengan cara dicuci. Mulailah meninggalkan cara tersebut karena peralatan kantor memiliki tingkat kotoran yang cukup tinggi.

Hal ini karena alat makan dan minum kantor digunakan orang banyak, sehingga perpindahan kuman lebih cepat tersebar dan tidak akan mudah bersih meski dicuci beberapa kali.

Sebagaimana Ahli biologi Dr Charles Gerba berpendapat, sebanyak 90 persen gelas di dapur kantor ternyata mengandung kuman, dan 20 persen di antaranya mengandung kotoran.

Baca juga: Studi: Model Meja Kerja Pengaruhi Biaya Kesehatan

Selain perpindahan tangan, spons dapur kantor jadi media terbaik penyebaran kuman, terlebih jika spons tersebut jarang diganti.

"Sebanyak 20 persen bakteri coliform ada pada cangkir sebelum diseka kain dapur, kemudian berubah menjadi 100 persen setelah diseka dengan kain piring atau spons," ujar Dr Gerba yang juga Profesor Mikrobiologi Lingkungan di Universitas Arizona, dikutip Pantau.com pada laman Metro, Selasa (9/10/2018).

Penelitian juga menunjukkan, kandungan bakteri E.Coli nihil atau tidak ada saat sebelum terkena spons, tapi 20 persen cangkir langsung positif mengandung kuman E.coli setelah terkena sekarang spons.

Baca juga: Masih Kebayang Kantor Lama? Move On Dong!

Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya pegawai menghindari penularan E.coli dengan membawa pulang gelas dan mencucinya setiap hari di rumah.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More