Pantau Flash
Kapolri Sebut Pelarangan Demonstrasi Agar Negara Tak Kecolongan
4 Hari Lagi, Yahoo Tutup Layanan Group dan Seluruh Konten
Akses Keluar Tol Slipi Arah Gatot Subroto Ditutup karena Isu Demo
IMF: Perekonomian Dunia Melambat ke Titik Terendah
Nol Prestasi, AC Milan Tekor Banyak Musim Ini

Hilangkan Nyeri karena Haid dengan Konsumsi Makanan Ini

Hilangkan Nyeri karena Haid dengan Konsumsi Makanan Ini Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Haid atau menstruasi, hal normal dialami oleh setiap perempuan di usia produktif. Namun, saat haid biasanya tubuh terasa lebih lelah, perut menjadi kram, kembung dan mengalami sakit kepala.

Berbagai cara pun dilakukan sebagian perempuan untuk mengatasi rasa nyeri pada haid, mulai dari minum obat penghilang sakit hingga tidak mengonsumsi makanan cepat saji selama haid berlangsung. 

Baca juga: Trik Tampil Cantik untuk Kamu Wanita Sibuk

Berikut ini adalah makanan yang dipercaya mampu meringankan kram perut ketika haid seperti berikut ini:

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Dikutip dari stylecraze, kacang-kacangan dan biji-bijian kaya dengan magnesium, sehingga dapat membantu mencegah kembung dan ketidaknyamanan di perut.

2. Cokelat hitam

Penelitian menunjukkan, memakan cokelat hitam bisa mengenyangkan dan meningkatkan kadar serotonin, yang pada gilirannya membantu meringankan depresi serta kelelahan. Pilih satu ons cokelat hitam selama periode haid kamu.

3. Air

Air pada dasarnya bukan makanan, tapi merupakan komponen penting dari diet selama periode haid. Karena air akan membersihkan kelebihan natrium yang menyebabkan kembung dan migrain. Jika kamu tidak menyukai cita rasa air biasa, bisa mencoba air yang diinfuskan dengan buah-buahan, sayuran dan rempah-rempah.

Misalnya, campuran apel dan kayu manis dapat meningkatkan metabolisme dan menambah serat. Atau kamu juga bisa mencoba air lemon dan mentimun. Bila tidak suka, kamu bisa memilih air buah persik dan jahe yang dapat menangkan masalah perut. Perpaduan mangga dan air jahe juga dapat kamu coba, sebab bermanfaat dengan antioksidan didalamnya.

4. Makanan kaya kalsium

Perempuan membutuhkan 1200 miligram kalsium sesuai RDA. Coba dan tambahkan kangkung, brokoli serta yoghurt selama masa haid. Kamu bisa memilih smoothies yang dibuat yoghurt, dengan campuran buah pepaya dan mangga yang kaya akan antioksidan. Untuk menambah kalsium, sertakan pula biji wijen dalam makanan kamu.

5. Makanan kaya vitamin E

Ini membantu dalam menghilangkan gejala PMS, dan bagus untuk kulit juga. Maka, konsumsi alpukat, biji rami dan kuning telur.

Tim Pantau
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: