Forgot Password Register

Ini Akibatnya Jika Belum Berhenti Merokok Sebelum Umur 40 Tahun

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Merokok memang tidak baik untuk kesehatan, namun bagi para pecandunya sangat sulit untuk berhenti. Sebelum berusia 40 tahun, sebaiknya anda segera berhenti merokok jika tidak ingin berisiko komplikasi penyakit jantung. 

"Berhentilah merokok sebelum usia 40 tahun, risiko penyakitnya kurang dari 20 persen," kata dr Anwar Santoso SpJP(K) dikutip dari Antara.

Baca juga: 5 Langkah 'Usir' Stres dalam Waktu 10 Menit

Dokter sepsialis jantung dan pembuluh darah itu mengatakan, jika perokok masih belum berhenti pada usia 40 tahun keatas, risiko terserang penyakit katastropik akan bertambah hingga dua kali lipat.

Berdasarkan pengalamannya, Anwar mengungkapkan bahwa pasien penyakit jantung di rumah sakit Harapan Kita tempatnya praktek, sebagian besar disebabkan karena kebiasaan merokok.

"Sebanyak 64 persen pasien penyakit jantung di RS Harapan Kita adalah perokok, diikuti oleh latar belakang penyakit hipertensi 54 persen, kolesterol 40 persen, berpenyakit diabetes melitus 30 persen, dan faktor keturunan keluarga 20 persen," jelasnya.

Baca juga: Tak Perlu ke Dokter, Luangkan Waktu 1 Menit untuk Cek Kesehatan Tubuh Kamu

Dia juga menyebutkan beban biaya pengobatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan dari penyakit tidak menular tahun 2016 sebanyak Rp16 triliun. Sekitar Rp3 triliun dari beban biaya tersebut digunakan untuk pembiayaan penyakit jantung.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More