Forgot Password Register

Ini Kata Bank Indonesia Soal Menjamurnya Fintech

Ilustrasi Finansial Teknologi. (Pantau.com/Fery Heryadi) Ilustrasi Finansial Teknologi. (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Teknologi Keuangan atau financial technology tak bisa terbendung lagi. Teknologi-teknologi yang segera mengantarkan Indonesia memasuki era industri 4.0 terus membanjiri transaksi ekonomi di Indonesia.

"Kita tidak perlu nervous atau khawatir dengan kehadiran revolusi industri 4.0 dan era digital ini kalo kita khawatir dia tetep hadir. Kita nggak khawatir, dia tetep hadir juga," ujar Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Onny Wijanarko dalam seminar Perkuat Sistem Pembayaran Non Tunai di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (23/4/2018).

Baca juga: Pemerintah Indonesia Bakal Tingkatkan Wirausaha UKM, Ini Targetnya

Ia memaparkan Bank Indonesia sebagai regulator dan otoritas perlu mengkaji lebih dalam sebelum inovasi teknologi sampai dan digunakan secara luas di masyarakat. Terutama terkait isu perlindungan konsumen.

"Kajian-kajian dimaksud ditempuh untuk memastikan perlindungan konsumen, keamanan transaksi, isu data privasi, seperti yang kita dengar Facebook yang sekarang lagi seru di parlemen Amerika ya," ujarnya.

Selain itu pihaknya juga memastikan keamanan teknologi yang hadir. Terutama terkait isu pencucian uang, pembiayaan teroris dan hingga manajemen resiko dari setiap teknologi yang hadir.

"Kemudian kita juga harus memastikan interoperabilitas transaksi cross broder, money laundry, pembiayaan terorisme, goverment dan manajemen risiko yang dapat terpenuhi, kajian-kajiannya meliputi itu," paparnya.

Baca juga: Juara! Perajin Anak Bangsa Tembus Ajang 'Salone del Mobile Milano 2018'

Onny menambahkan, yang terpenting saat ini adalah menyiapkan agar teknologi-teknologi yang hadir hingga perkembangan era industri 4.0 mendatangkan manfaat. 

"Jadi yg penting bagi kita semua, regulator, pelaku industri, lintas otoritas, ataupun stakeholder lainnya yang paling penting adalah mempersiapkan diri secara bersama untuk pastikan bahwa kehadiranera revolusi industri 4.0 dan digital ini bermanfaat," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More