Forgot Password Register

Ini Manfaat Kentang Selain untuk Dimakan, Sudah Tahu?

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kentang merupakan makanan yang memiliki kandungan karbo yang cukup tinggi. Rasanya yang gurih dan mengenyangkan membuat kentang kerap dijadikan makanan pengganti nasi. Kentang bisa dimasak dengan cara di goreng, direbus, atau dipanggang.

Namun kentang ternyata bukan hanya bisa dimakan saja tetapi memiliki fungsi lain selain sebagai makanan. Dilansir dari laman Brightside, berikut ini manfaat kentang yang tidak banyak orang ketahui.

1. Cara menghilangkan karat dengan mudah

Karat menjadi masalah paling menjengkelkan yang terjadi pada benda berbahan logam. Untuk menghilangkannya, kamu bisa menggunakan kentang yang dipotong menjadi dua bagian. Tambahkan baking soda, garam dapur dan sedikit deterjen.

Baca juga: Gunakan Koin dalam Kulkas untuk Tahu Kondisi Makanan Saat Ditinggal Mudik

Gosokan bahan yang telah dicampur tersebut kepada bagian yang berkarat. Hasilnya, karat akan hilang dan membuat benda logam kamu kembali kinclong. Jika kentang mulai kehilangan daya ampuhnya, iris tipispada permukaannya dan ulangi proses menggosoknya lagi.

2. Semir sepatu kulit

Tak hanya logam yang bisa dibikin kinclong menggunakan kentang. Sepatu kulit kamu juga bisa terlihat seperti baru dengan cara menggosokan kentang yang telah dibelah dua ke seluruh permukaan sepatu. 

Diamkan sekitar 5 menit, kemudian bersihkan dengan kain bersih. Sepatu kamu akan tampak seperti sudah di semir.

3. Menghilangkan noda membandel di kain

Noda membandel yang susah hilang bisa kamu atasi dnegan bermodalkan kentang. Caranya adalah, cuci kentang hingga bersih, parut dalam mangkuk yang telah diisi air 500 ml.

Ambil parutan kentang, tambahkan air dengan jumlah yang sama. Diamkan 10-15 menit. Gunakan spons untuk mengusap noda, kucek, lalu bilas dengan air.

4. Menghilangkan sakit kepala

Mengobati sakit kepala dengan kentang, pasti kamu merasa heran. Namun cara ini memang ampuh lho.

Pertama-tama cuci kentang hingga bersih, lalu potong tipis-tipis. Tempelkan potongan kentang di sekitar kepala terutama di dahi. Tunggu hingga sakit kepala mereda.

5. Mencerahkan ketiak

Ketiak hitam sangat mengganggu penampilan. Kita tidak bebas dalam berpakaian terutama pakaian tanpa lengan. Cerahkan ketiak hitam dengan menggunakan kentang.

Ada dua cara menggunakan kentang untuk mencerahkan ketiak.

Pertama. Iris kentang, gosokkan ke ketiak dan diamkan selama 1 jam. Lalu bersihkan dengan air.

Baca juga: Orangtua Jangan Lagi Larang Anak Makan Es Krim

Kedua. hancurkan kentang (blender), letakkan di ketiak selama 10 menit. Angkat dan bersihkan.

Lakukan secara teratur.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More