Forgot Password Register

Headlines

Ini Update Harga Pakan Ayam yang Buat Harga Telur Meroket

Ini Update Harga Pakan Ayam yang Buat Harga Telur Meroket Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Pasca Lebaran Juni lalu, rupanya harga daging ayam dan telur justru tidak semakin turun. Dibeberapa pasar, harga telur bahkan mengalami kenaikan hingga Rp30.000 per kilogram. 

Sebelumnya, Menteri Pedagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan, kenaikan harga telur di beberapa wilayah Indonesia pada beberapa waktu terakhir disebabkan oleh melonjaknya harga pakan ayam petelur serta melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

"Harga pakan ternaknya naik, kemudian harga DOC (Day Old Chicken/Anak Ayam) juga naik," kata Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan di kantor Kemenko Perekonomian di Jakarta, Rabu (11/Juni/2018).

Baca juga: Harga Telur Ayam Naik, Pakan Ternak Jadi Kambing Hitam

Dari situs penjualan online, jenis pakan untuk ayam broiler per saknya rata-rata di patok dengan harga kurang lebih Rp300.000, sementara untuk ayam petelur rata-rata Rp330.000.

Perlu diketahui, industri pakan ternak di Indonesia masih tergantung bahan baku impor. Tercatat, 35% bahan baku pakan ternak saat impor dari sejumlah negara.

Sedangkan 65% sisanya seperti jagung dan bekatul dipasok dari dalam negeri. Adapun beberapa negara pengimpor adalah Brasil, Argentina dan Amerika Serikat (AS). 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More