Forgot Password Register

Israel Tuntut Negara Arab dan Iran 250 Miliar Dolar, Kenapa?

Israel Tuntut Negara Arab dan Iran 250 Miliar Dolar, Kenapa? Bendera Israel. (Foto: Reuters/Ammar Awad)

Pantau.com - Israel akan menuntut USD250 miliar sebagai kompensasi dari tujuh negara Arab dan Iran untuk aset yang ditinggalkan oleh pemukim Yahudi yang dipaksa untuk kabur setelah pembentukan Negara Israel.

Hal itu dilakukan, sebagai upaya untuk memperbaiki ketidakadilan bersejarah dari pogrom. Dijelaskan, tuntutan spesifik sedang diselesaikan untuk dua negara pertama dari total delapan negara.

Dilansir TV Hadashot seperti yang dikutip dari RT, Rabu (9/1/2019), Israel akan menuntut USD35 miliar dari Tunisia dan USD15 miliar dari Libya. Kompensasi juga akan dicari dari Maroko, Irak, Suriah, Mesir, Yaman dan Iran.

Baca juga: Klaim yang Terbaik dalam Sejarah, Ini Janji Manis AS pada Israel

Gila Gamliel, Menteri Kesetaraan Sosial Israel mengatakan, pihaknya tengah melakukan upaya untuk hal tersebut, dan untuk memulihkan ratusan ribu orang Yahudi yang kehilangan harta benda mereka.

Kompensasi yang jika nantinya diterima, tidak akan dialokasikan untuk masing-masing keluarga Yahudi, tetapi akan didistribusikan melalui dana khusus negara Israel.

Baca juga: Sidang Kasus Khashoggi, PBB: Keadilan Arab Saudi Masih Dipertanyakan

Diperkirakan 856.000 orang Yahudi melarikan diri dari 10 negara Arab setelah Israel didirikan pada tahun 1948, menurut Keadilan untuk orang Yahudi dari Negara-negara Arab (JJAC). Namun, hingga kini, Israel tidak pernah secara resmi meminta kompensasi bagi orang Yahudi yang dipaksa meninggalkan negara-negara Arab.

Pada acara 2014 yang menandai pemindahan orang Yahudi, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa negara-negara Arab telah "memaksa" orang-orang Yahudi yang tinggal di wilayah mereka untuk angkat kaki.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More