Forgot Password Register

Jadi Terdakwa Kasus Ujaran Kebencian, Ahmad Dhani Terancam 6 Tahun Penjara

Jadi Terdakwa Kasus Ujaran Kebencian, Ahmad Dhani Terancam 6 Tahun Penjara Ahmad Dhani (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Ahmad Dhani terancam hukuman enam tahun penjara pada kasus ujaran kebencian akibat cuitannya di media sosial Twitter miliknya pada Februari hingga Maret 2017 lalu. Menurut Jaksa Penuntut Umum PN Jakarta Selatan, Dedyng Wibianto ada tiga postingan yang membuat Dhani duduk di kursi pesakitan. Ketiga postingan tersebut berhubungan dengan kasus penistaan agama oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. 

"Ancaman UU maksimal enam tahun. Dakwakan yang berhubungan dengan tiga postingan di Twitter," kata Dedyng usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (16/4/2018).

Baca juga: Hadiri Sidang Perdana, Ahmad Dhani: Persiapan Nggak Ada, Ini Enteng

Pentolan grup band Dewa itu didakwa pasal 45 huruf A ayat 2 jo 28 ayat 2 UU no.19 tahun 2016 jo UU no.11 tahun 2008 tentang UU ITE jo pasal 55 ayat 1 KUHP. 

Sementara itu, Dhani sendiri menyerahkan seluruh proses hukum kepada pihak pengadilan. Meski proses sidang masih panjang, suami dari Mulan Jameela itu siap menerima apa pun hasil akhir dari keputusan hakim. 

"Saya serahkan semua kepada pihak yang berwajib. Saya lepaskan pada kepolisian, pada hakim, pada pengadilan. Saya akan terima apa pun yang akan diputuskan nanti," ucapnya usai jalani sidang. 

Baca juga: Ahmad Dhani Siap Konsisten Penuhi Jadwal Sidang

Dhani dilaporkan ke pengadilan Negeri Jakarta Selatan oleh Jack Boyd Lapian yang mengklaim sebagai pendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Laporan itu terkait dengan unggahan Dhani di akun twitternya, @AHMADDHANIPRAST.

Salah satu postingan Dhani di Twitter yang bertuliskan 'Siapa saja yang dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya -ADP' dianggap sebagai perbuatan menyebarkan ujaran kebencian. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More