Forgot Password Register

Jet Tempur Rusia SU-27 Dekati Pesawat AS Berjarak 6 Meter di Atas Laut Baltik

Het tempur Rusia SU-27. (Foto: Reuters) Het tempur Rusia SU-27. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Jet tempur SU-27 Rusia mencegat pesawat pengintai milik Angkatan Laut AS P-8 di wilayah udara internasional tepatnya di atas Laut Baltik.

Jet Rusia tersebut berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter dari pesawat AS. Namun, pilit pesawat AS menyatakan tidak merasa terancam akan cegatan yang dilakukan jet tempur Rusia itu.

Juru Bicara Angkatan Laut AS Eropa, Letnan Komandan Zach Harrell mengatakan saat ini tidak ada yang perlu dipersoalkan.

"Jika interaksi yang tidak aman terjadi di masa depan, kami pasti akan memberikan Anda lebih banyak informasi pada waktu itu." katanya yang dikutip Pantau.com dari The Independent, Rabu (2/5/2018).

Baca juga: Mantan Tangan Kanan Paus Fransiskus Jalani Sidang Pelecehan Seksual

Pesawat jet Rusia terakhir kali mencegat pesawat Amerika di Laut Hitam pada Januari lalu.  Sebuah pesawat Aries EP-3 AS terbang di wilayah udara internasional ketika dicegat oleh jet tempur Sukhov SU-27 Rusia.

Para pejabat militer AS menganggap aksi cegatan pada Januari lalu tidak aman. Dikalim, jet Rusia menyeberang langsung melalui jalur penerbangan EP-3.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert mengatakan militer Rusia telah terang-terangan melanggar hukum internasional. 

Sementara Kementerian Pertahanan Rusia membantah hal tersebut. Bahkan, Rusia kala itu menuding oesawat AS terbang terlalu dekat dengan wilayah udara Rusia.

Baca juga: Menyesal Capai Usai 104 Tahun, Ilmuwan Australia Minta Disuntik Mati

Ketegangan antara AS dan Rusia telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir atas konflik di Suriah. Rusia mendukung Presiden Suriah Bashar Al-Assad. Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menuduh AS berusaha membagi Suriah dan melanggar aturan internasional dengan meluncurkan rudal.

AS, Inggris dan Perancis meluncurkan rudal di Suriah bulan lalu, setelah apa yang dikatakan negara-negara itu adalah serangan kimia yang dilakukan oleh rezim Assad terhadap rakyatnya sendiri.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More