Forgot Password Register

Jika Terpilih Prabowo-Sandi Janji Pulangkan TKI di Luar Negeri, Termasuk yang Bermasalah

Jika Terpilih Prabowo-Sandi Janji Pulangkan TKI di Luar Negeri, Termasuk yang Bermasalah Rahayu Saraswati Djojohadikusomo (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno berjanji jika terpilih akan menekan jumlah buruh migran Indonesia dengan meningkatkan lapangan kerja dan memberikan pelatihan UMKM. Hal itu dimaksudkan agar tak banyak pekerja yang merantau ke luar negeri.

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga yang juga sebagai keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusomo saat ditemui di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019).

"Jadi selama kita bisa fokus memastikan adanya lapangan kerja juga easy on doing business untuk UMKM untuk kalau tadi diangkat soal perempuan kita tahu bahwa mayoritas pekerja migran adalah perempuan mayoritas home industry dan UMKM juga perempuan yang lakukan, ya artinya itu pun harus ditingkatkan memastikan bahwa mereka mendapat kesempatan," ujar Rahayu.

Baca juga: Pemerintah Turunkan Harga BBM, Fadli Zon: Biasa, Mencari Simpati

Untuk itu Rahayu menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk memulangkan para pekerja migran Indonesia untuk bisa kembali ke tanah air. Apalagi katanya, jika para buruh migran Indonesia yang selama ini bermasalah.

"Kita berharap bisa dipulangkan itu yang harus ditekankan adalah pendataan dari PMI, pekerja migran Indonesia, harus ada pendataan prosedural dan non prosedural berapa banyak orang yang harus kita pulangkan," tuturnya.

Anggota Komisi VIII di DPR RI itu menambahkan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos) belum optimal memulangkan para pekerja migran Indonesia yang bermasalah. Padahal, kata dia, kuota untuk memulangkan para pekerja yang bermasalah sudah diberikan puluhan ribu.

Baca juga: Pemerintah Turunkan Harga BBM, Bamsoet: Salah Satu Indikator Pemerintahan Jokowi Berhasil

"Setiap tahunnya dianggarkan 70 ribu dan selalu ada lebih banyak yang belum bisa dipulangkan. Anggaran yang dianggarkan, walaupun dari Komisi VIII selalu kami perjuangkan pada Kemensos, mereka yang mengajukan ke kita-kita hanya bisa beri segitu oleh Kemenkeu dan Bappenas, itu PR kita," tegasnya.

Untuk itu menurutnya, jika Prabowo-Sandiaga terpilih di Pilpres 2019 maka kuota pemulangan akan ditambah. Selain itu pasangan calon nomor urut 02 itu juga akan mengoptimalkan program Oke Oce untuk menangani permasalahan lapangan kerja di tanah air.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More