Forgot Password Register

Headlines

Jokowi-Ma'ruf Unggul Telak Atas Prabowo-Sandi Menurut Survei Ini

Jokowi-Ma'ruf Unggul Telak Atas Prabowo-Sandi Menurut Survei Ini Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul 21 persen suara dari paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Angka itu berdasarkan hasil survei dari Indo Barometer di 34 provinsi pada 6-12 Februari 2019.

"Seandainya pilpres dilakukan hari ini, Jokowi-Ma'ruf Amin diprediksi menang. Selisihnya 21 persen, Paslon 01 memiliki elektabilitas 50,2 persen sedangkan Paslon 02 memiliki 28,9 persen. Sisanya sekitar 20 persen masih merahasiakan pilihannya," kata peneliti senior Hadi Suprapto Hadi dalam konferensi pers di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Baca juga: Ini Arti Tagar #INAelectionObserverSOS yang Viral dan Trending Topic Dunia

Elektabilitas Jokowi dan Ma'ruf tetap unggul saat di-head to head-kan dengan masing-masing calon. Hadi memaparkan Jokowi dipilih 51,2 persen, Prabowo 28,9 persen, sedangkan yang masih merahasiakan pilihannya 19,9 persen. 

Sementara simulasi masing-masing kedua cawapres, elektabilitas Ma'ruf 44,5 Persen sementara Sandiaga 32,1 persen dan masyarakat yang belum menentukan pilihan sebanyak 23,4 persen. 

Baca juga: Survei Politicawave: Ma'ruf Lebih Unggul dari Sandiaga di Debat Ketiga

"Distribusi dukungan dari segi suku atau etnis, Jokowi unggul di suku Jawa, Sunda, Madura, Batak, dan Bali. Sedangkan Prabowo unggul di suku Melayu, Betawi, Minang, dan Bugis," ucap Hadi. 

Hasil survei tersebut ditanyakan kepada 1200 responden dengan margin of error sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More