Pantau Flash
Akibat Demo Catalan, Partai El Clasico Diundur
Mahathir Mohamad Dipastikan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf
Nasihati Anak Muda, Jack Ma: Kebanyakan Orang Pintar Ingin Menang
KPK Geledah Kantor Dinas PU Medan
Sainsbury Akan Stop Berjualan Kembang Api

Jokowi Menang, Rommy: Negara Lain Beri Selamat, Negara Sendiri Tidak?

Jokowi Menang, Rommy: Negara Lain Beri Selamat, Negara Sendiri Tidak? Romahurmuziy tanggapi kemenangan Jokowi (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Tersangka suap pengisian jabatan Kementerian Agama Jawa Timur Romahurmuziy (Rommy) memberi ucapan selamat kepada capres petahana Joko Widodo atas keunggulan perolehan suara di Pilpres 2019. 

Eks ketua umum PPP itu mengatakan, dirinya menghormati hasil keputusan penghitungan pemilu presiden yang dilakukan KPU.

"Saya tentu menghormati keputusan KPU dan ini kan proses ketatanegaran. Saya mengucapkan selamat atas kemenangan Pak Jokowi. Kalau pimpinan-pimpinan negara lain sudah mengucapkannya selamat, masa kita di negeri sendiri tidak mengakui kemenangan Pak Jokowi," katanya di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/5/2019). 

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Romahurmuziy Bawa Buku Yoga Saat Diperiksa KPK?

Meski begitu, ia juga menghargai keputusan oposisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk lakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Saya juga menghormati hak yang dimiliki oleh Pak Prabowo dan Pak Sandi untuk melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Tentu finalitas dari penetapan Pak Jokowi dalam kemenangannya kan menunggu hasil putusan MK," ucapnya.

Baca juga: Gugatan Praperadilan Romahurmuziy Ditolak

Sementara itu terkait kekisruhan aksi 22 Mei lalu, Rommy menyampaikan duka citanya atas masyarakat yang menjadi korban. Menurut Rommy, seharusnya kontestasi pemilu diselesaikan melalui jalur konstitusi yang telah ditetapkan. 

"Saya di dalam (rutan KPK) mengikutinya melalui siaran televisi dan saya menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya atas jatuhnya korban, terutama korban meninggal pada kerusuhan kemarin. Tentu sebagai sesama anak bangsa marilah kita selesaikan kontestasi ini secara bermartabat dan melalui jalur konstitusional yang ada," pungkasnya. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Adryan Novandia
Reporter
Lilis Varwati
Category
Nasional

Berita Terkait: