Forgot Password Register

Kanada Resmi Legalkan Ganja, Pertumbuhan Ekonomi Diklaim Naik 1,1 Miliar Dolar

Kanada Resmi Legalkan Ganja, Pertumbuhan Ekonomi Diklaim Naik 1,1 Miliar Dolar Ilustrasi ganja. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kanada resmi legalkan pengaturan penjualan dan penggunaan ganja untuk tujuan rekreasional, Rabu (17/10/2018). Kanada menjadi negara besar di Barat pertama yang melegalkan penggunaan ganja, setelah hampir satu abad adanya larangan.

Melansir AFP, Rabu (17/10/2018), legalisasi ganja mendapat sambutan positif dari para penggemar dan investor. Namun, kekhawatiran juga muncul dari pakar kesehatan dan politisi yang mencemaskan penyalahgunaan ganja tersebut.

"Kita tidak melegalkan ganja karena kita pikir itu baik untuk kesehatan kita. Kita melakukannya karena kita tahu hal ini tidak baik untuk anak-anak kita," kata Perdana Menteri Justin Trudeau.

Baca juga: Inggris Bakal Legalkan Ganja Mulai 1 November Mendatang

Legalisasi ganja merupakan janji kampanye Trudeau pada pemilu 2015 lalu. Ini juga membuat Kanada menjadi negara kedua yang melegalkan ganja setelah Uruguay.

Warga Kanada yang telah berusia 18 tahun akan diizinkan untuk membeli hingga 30 gram ganja. Selain itu, setiap rumah boleh menanam hingga empat pohon ganja.

Sementara untuk memenuhi permintaan, ratusan petani ganja telah mendapatkan lisensi menanam tanaman tersebut dalam jumlah banyak, bahkan beberapa ada yang menggunakan rumah kaca. 

Baca juga: Pantau Video: Malaysia Jadi Negara Asia Pertama yang Melegalkan Ganja

Menurut statistik Kanada, diperkirakan penjualan ganja akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 1,1 miliar dolar dan memberikan pajak penghasilan kepada pemerintah hingga 400 juta dolar.

Undang-undang ganja akan diawasi dan dipelajari penerapannya oleh warga Kanada menjelang pemilu pada 2019, serta negara-negara lain yang mungkin akan mengikuti jika langkah tersebut terbukti berhasil.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More