Forgot Password Register

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga di Bulan Puasa?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga di Bulan Puasa? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Gaya hidup sehat tidak lepas dari olahraga. Masyarakat kini sudah semakin sadar akan pentingnya menjaga kebugaran tubuh dnegan berolahraga. Saat olahraga sudah menjadi kebutuhan, sulit untuk melewatkannya.

Namun memasuki bulan Ramadhan, banyak pertanyaan muncul soal waktu yang tepat untuk berolahraga. Apakah olahraga lebih baik dilakukan setelah sahur atau sebelum berbuka puasa?

Baca juga: Studi: Kebahagiaan Masa Tua dapat Diraih dengan Rajin Beribadah

Olahraga sebelum berbuka lebih baik daripada stelah sahur. Meski pada dasarnya dapat menyebabkan kekurangan cairan atau dehidrasi, selain itu tubuh akan membakar kalori dan menjadikan kadar gula darah menurun atau disebut hipoglikemi.

Baca juga: 5 Kriteria Makanan yang Baik untukt Sahur dan Buka Puasa

Namun kondisi tersebut akan segera pulih, setelah berbuka puasa cairan tubuh yang hilang saat berolahraga segera tergantikan. Dengan mengonsumsi makanan manis bisa membantu menaikkan kadar gula darah menjadi normal kembali.

Namun sebaiknya melakukan olahraga tidak lebih dari 30 menit saja. Jika terlalu lama berolahraga bisa berisiko dehidrasi dan kadar gula turun drastis.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More