Forgot Password Register

5 Kriteria Makanan yang Baik untuk Sahur dan Buka Puasa

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Nafsu makan saat berbuka puasa terkadang sulit untuk dikendalikan. Namun sebaiknya lebih memperhatikan makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Mengonsumsi makanan yang tepat saat berbuka dan sahur menjadi salah satu aspek penting penunjang kelancaran ibadah puasa.

Berpuasa memungkinkan tubuh mengalami detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Namun manfaat berpuasa tidak akan maksimal jika asupan makanan saat sahur, berbuka dan malam tidak diperhatikan.

Baca juga: Dewi Perssik Murka, Dikritik Soal Kegagalan Rumah Tangga Oleh Netizen

Berikut ini lima makanan dan minuman yang perlu dihindari kala berbuka puasa dan sahur:

1. Berbuka dengan makanan yang digoreng

Mungkin berbuka dengan gorengan sudah menjadi tradisi bagi sebagian banyak orang. Namun harus diketahui makanan yang digoreng akan memperberat kerja organ pencernaan tubuh, yang akan mengakibatkan mudah lelah.

2. Berbuka puasa dan sahur dengan minuman yang hanya mengandung sukrosa semisal teh manis

Saat berbuka puasa kita perlu segera menaikkan kadar gula darah hingga menjadi stabil. Sukrosa saja tak cukup, namun diperlukan juga glukosa dan fruktosa.

Konsumsi kurma sangat disarankan karena kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosanya. Di samping itu kurma juga kaya serat, kalium, potassium dan vitamin A.

Selain itu, jus mangga, pisang dan pepaya juga bisa menjadi pilihan yang baik.

3. Sahur dengan total lemak tinggi

Saat sahur, penuhi kebutuhan energi dan zat gizi. Pilih makanan yang bisa dicerna lebih lambat dan bertahap. Pilihlah makanan yang mengandung protein rendah lemak agar tubuh tak mudah lelah.

4. Hindari berbuka puasa dan sahur dengan makanan yang merangsang asam lambung

Misalnya makanan yang terlalu pedas, asam, terlalu manis dan mengandung kafein.

Baca juga: Studi: Kebahagiaan Masa Tua dapat Diraih dengan Rajin Beribadah

5. Jangan berbuka puasa dan sahur dengan makanan yang mengandung gas

Sebagian makanan yang susah diolah oleh lambung mampu merangsang produksi gas terlalu berlebih. Akibatnya, muncul rasa kembung yang terkadang dibarengi nyeri perut. Dari keluarga sayuran, ada brokoli, kembang kol, serta keluarga kubis yang lain. Diluar itu, makanan manis yang memiliki kandungan sorbitol, bawang merah, bawang putih, pop corn dan minuman berkarbonasi juga menyebabkan produksi gas berlebih.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More