Forgot Password Register

Kejaksaan Turki Keluarkan Surat Penangkapan 2 Warga Saudi Terkait Kematian Khashoggi

Kejaksaan Turki Keluarkan Surat Penangkapan 2 Warga Saudi Terkait Kematian Khashoggi Orang-orang yang memegang gambar Saudi wartawan Jamal Khashoggi menghadiri pemakaman dan memberikan doa untuk Khashoggi di halaman Masjid Fatih di Istanbul. (Foto: Reuters/Huseyin Aldemir)

Pantau.com - Kantor Jaksa Umum Istanbul telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk dua warga negara Saudi, yakni Ahmad Asiri yang merupakan Wakil Kepala Intelijen Saudi dan Saud al Qahtani, seorang mantan konsultan media untuk Putra Mahkota, karena telah terlibat dalam pembunuhan Khashoggi, menurut saluran TV Turk Haber Turki, seperti dilansir Sputnik, Kamis (6/12/2018).

Namun, hal tersebut tidak menyampaikan bukti baru yang menyebabkan keduanya bertanggung jawab atas kematian wartawan Arab Jamal Khashoggi.

Setelah penyelidikan hilangnya kolumnis The Washingto0n Post, Jaksa Turki mengumumkan bahwa sekelompok warga negara Saudi telah tiba di Istanbul dengan tujuan untuk membunuh wartawan tersebut. Riyadh mengecam orang-orang dalam kelompok agen nakal yang secara sukarela membunuh Khashoggi, dan membantah tuduhan bahwa pembunuhan tersebut di bawah perintah Saudi.

Baca juga: Senator AS: Mohammed bin Salman Terlibat dalam Pembunuhan Khashoggi

Wartawan Arab Jamal Khashoggi dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober 2018. Tubuhnya diduga dimutilasi dan masih belkum ditemukan. Pada awalnya, Riyadh membantah memiliki informasi mengenai nasib wartawan itu, namun kemudian mengumumkan bahwa Khashoggi telah dibunuh di Konsulat Saudi.

Setelah penyelidikan, Kantor Jaksa Saudi mengumumkan bahwa ia telah memerintahkan penangkapan kepada 22 warga Saudi yang dilaporkan bertanggung jawab untuk perencanaan pembunuhan. 11 di antara mereka telah didakwa, dan lima tersangka dijatuhi hukuman mati.

Pada waktu yang sama, Riyadh mengumumkan penangkapan beberapa pejabat tinggi termasuk Wakil Kepala Intilijen Saudi Ahmad Asiri dan Konsultan Media untuk Putra Mahkota Saud al Qahtani dan telah dicopot dari posisi mereka.

Baca juga: Pesan WhatsApp Khashoggi Beri Petunjuk Soal Pembunuhannya

Share :
Komentar :

Terkait

Read More