Forgot Password Register

Kenali Tanda-Tanda Sepatu Kesayangan Sudah Saatnya Diganti

Kenali Tanda-Tanda Sepatu Kesayangan Sudah Saatnya Diganti Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Mungkin diantara kamu ada yang memiliki sepatu kesayangan sehingga meski sudah lama dan usang masih saja dipakai. Tapi perlu diingat loh, ada beberapa kondisi dimana sepatu sudah harus diganti atau di-repair (diperbaiki).

Baca juga: 5 Tips Memilih Alas Kaki yang Baik untuk Kesehatan

"Yang pemakaiannya setiap hari, maka 4 sampai 6 bulan itu baiknya diganti, tapi kalau misalnya yang feel (rasa)nya gimana, yang kalau kita ngejejeg (diinjak dan ditekan) dia udah keras. Nah, dia lebih keras dari biasanya itu harus diganti," ujar Dokter Spesialis Fisik dan Rehabilitasi Dr. Deta Tanuwidjaja, Sp.KFR dalam acara peluncuran series terbaru Crocs, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Jika masalahnya rasa sayang untuk membuang sepatu, bisa mengakalinya dengan menambah atau menjahit di tukang sol untuk memperbaiki sepatu, tapi agar tetap baik untuk kesehatan Dr.Deta menyarankan gunakan sol gel.

"Sebenernya sebelum mengganti boleh kita kasih dulu, sol yang bisa kasih energi return, yang bagus sol yang terbuat dari gel. Jadi kalau misalnya nyari sol yang bagus cari yang gel itu paling bagus," ungkapnya.

Dr.Deta juga menyarankan pemasangan sol tidak asal, karenanya tidak ada salahnya si pemakai harus mencobanya lebih dulu dan memastikan kenyamanan saat digunakan.

Namun jika si pemakai tetap kekeuh untuk terus memakai sepatu kesayangan tanpa melakukan reparasi, maka akan ada penekanan sendi di tubuh, karena tidak ada lagi peredaman yang baik pada sepatu, terlebih jika aktivitas yang dilakukan terlalu berat.

Baca juga: Jangan Sembarang Mencuci Sepatu, Kenali Karakteristik Bahannya

"Otomatis kalau kita enggak ganti (sepatu) beban terhadap tubuh kita nambah. Jadi beban yang balik dari tanah ke tubuh kita dia balik, kasih beban ke sendi ke struktur tubuh diatas," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More