Pantau Flash
KPK Kembali Agendakan Pemeriksaan Soekarwo Pekan Depan
Kantongi USD102 Miliar, Huawei Duduki Posisi 1 dari 500 Perusahaan China
Produsen Korsel Sudah Incar Lokasi Untuk Pabrik Mobil Listrik di Karawang
The Daddies Melenggang ke Perempatfinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019
Ketua DPRD DKI: 31 Agustus Batas Terakhir Pemprov Urusi Pencari Suaka

Kenalkan Ilhan Omar dan Rashida Tlaib, Perempuan Muslim Pertama yang Terpilih di Kongres AS

Kenalkan Ilhan Omar dan Rashida Tlaib, Perempuan Muslim Pertama yang Terpilih di Kongres AS Ilhan Omar. (Foto: Reuters/Miller)

Pantau.com - Ilhan Omar (33), menghabiskan bertahun-tahun di kamp pengungsi Dadaab di Kenya sebelum pindah ke Amerika Serikat yang kemudian bergabung dengan Partai Demokrat.

Ia terpilih sebagai anggota Partai Buruh Petani Demokratis Perwakilan Rakyat Minnesota, yang membuatnya menjadi legislator Somalia-AS pertama di Amerika Serikat pada tahun 2016.

"Sebelumnya, belum pernah ada perempuan Muslim di Kongres Amerika. Ini kemenangan bagi Muslim, Afrika, dan Timur Tengah," kata aktivis Somalia Mohammed Aden.

Sedangkan, Rashida Tlaib, memenangkan kursi kongres untuk distrik 13 Michigan setelah mantan representatif, John Conyers, yang tiba-tiba mengundurkan diri karena tuduhan pelecahan seksual.

Seperti dilansir Anadolu, Kamis (8/11/2018), Ilhan Omar dan Rashida Tlaib dari negara bagian Michigan mencatat sejarah baru dengan memenangkan kursi di parlemen, sekaligus menjadikan mereka sebagai perempuan Muslim pertama yang terpilih di Kongres AS.

Baca juga: Meski Sudah Meninggal, Pemilik Rumah Bordir Menangi Pemilu AS Bagian Nevada

Utusan khusus UNHCR untuk Tanduk Afrika Mohamed Abdi Affey mengatakan, terpilihnya Omar, yang merupakan mantan pengungsi menjadi sumber inspirasi dan harapan bagi jutaan pengungsi di seluruh dunia.

Sejumlah pemimpin partai politik dan aktivis Afrika mengucapkan selamat kepada Ilhan Omar, warga keturunan Somalia Amerika pertama yang terpilih di Kongres AS.

"Selamat untuk IIhan Omar. Kemenangan anda adalah kemenangan orang-orang Somalia," kata Perdana Menteri Somalia Hassan Ali Khaire lewat akun Twitternya pada Rabu (6 November 2018).

Ia menyebut kemenangan Omar sebagai inspirasi bagi pemuda-pemudi Somalia, di mana pun mereka berada.

Baca juga: Partai Republik Pertahankan Kursi Senat Dalam Pemilu AS

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: