Forgot Password Register

Headlines

Kim Jong-un Siap Bertemu dengan Trump di KTT ke-3, Asal...

Kim Jong-un Siap Bertemu dengan Trump di KTT ke-3, Asal... Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un siap bertemu kembali dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, jika dilakukan pada akhir tahun guna melanjutkan upaya diplomatik menuju perdamaian. Kata kantor berita resmi Korea Utara KCNA melaporkan, Sabtu 13 April 2019 waktu setempat.

Kim Jong Un mengatakan kepada parlemen negara bahwa ia siap untuk mengadakan KTT ketiga dengan Donald Trump jika mereka (Amerika Serikat) datang dengan kesepakatan yang dapat diterima kedua belah pihak.

Baca juga: Jika Ingin Bertemu, Kim Jong Un Minta AS Bersikap Lebih Santun

Ia juga menekankan bahwa ketidaksetujuannya tentang pelucutan senjata nuklir dan sanksi yang harus ditemukan solusinya, seperti dilansir Anadolu, Senin (15/5/2019).

"Kami tidak ragu untuk menandatangani perjanjian yang adil dan saling melindungi kepentingan AS maupun Korea Utara di saat yang sama," kata Kim. Namun, ia menambahkan bahwa itu semua tergantung bagaimana AS mendekati subjeknya.

"Amerika Serikat telah menyiapkan negoisasi hanya pada metode non-realizable. Mereka tak siap untuk menghadapi dan memecahkan masalah, atau untuk mengusulkan metode-metode cerdas," tambahnya.

Baca juga: Bertemu Kim Jong Un, Trump: Saya Tidak Terburu-buru Soal Denuklirisasi

Kim juga mengatakan bahwa dirinya ingin menyelesaikan melalui negoisasi dan dialog, bukan dengan metode yang diusulkan oleh AS.

"Kami tidak ingin melihat KTT seperti di Hanoi," kata Kim, mengacu pada pertemuan di Vietnam pada Februari silam yang berakhir tanpa persetujuan.

Sebelumnya, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengadakan pertemuan puncak pertama dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura pada Juni 2018.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More